8 barang penting yang perlu kamu siapkan untuk liburan di musim dingin pertamamu

November 25, 2016 by dewi in Blog 110 comments
8 barang penting yang perlu kamu siapkan untuk liburan di musim dingin pertamamu

Teman dekatku akan liburan dan mengikuti Harbin Ice Festival di Harbin China. Dia yang mau berangkat aku yang heboh 😜 hi hi hi. Semua persiapan untuk kesana sudah dia cicil, mulai dari visa, tiket, penginapan, kecuali perlengkapan baju hangatnya. Ini merupakan perjalanan perdanannya ke negara dingin. Dia sudah ingin sekali menyentuh salju, bermain ski dan merasakan sensasi musim dingin. Nggak tanggung-tanggung ketika tiba disana, dia akan disambut dengan suhu diminus ❄ 16, 8° – minus 36,8°.  Aku berdoa semoga dia siap dengan kondisi cuaca yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya.

Kalau kamu juga akan berlibur dimusim dingin buat  pertama kali, first things first pastikan kalau kamu tidak ada masalah dengan kesehatan, kayak alergi. Kalau ada alergi, segera hubungi dokter untuk diperiksa dan diberikan obat-obatan, biar bisa tetap have fun. Tubuh kita akan beradaptasi tentunya dengan cuaca, tapi itu butuh waktu. Gambaran bila cuaca sangat dingin kayak minus 15° itu, pipi seperti ditusuk-tusuk, mata berair, telinga dan tulang terasa nyeri, based on my experience ya. Jadi pastikan kalau mau traveling ke negara yang dinginnya ekstrim, kita nggak salah kostum biar nggak kena frostbite.

Sebenarnya untuk menghadapi musim dingin, nggak perlu khawatir berlebihan kayak aku mau ke Swedia dulu. Isi koperku  didominasi dengan pakaian dingin yang tebal dan nggak jelas. Karena waktu itu aku nggak ada gambaran seperti apa winter itu sebenarnya. Kalau konsepnya mau pindahan atau belajar ke luar negeri, perlengkapan musim dingin itu sebaiknya dibeli di negara yang kita tuju, dan kopernya diisi makanan saja. Kayak bumbu pecal, gado-gado, lotek, gudeq, sambel roa judes, bumbu gitu deh. Jangan lupa obat-obat tradisional kayak minyak angin, minyak kayu putih, buat jaga-jaga kalau masuk angin. Tapi kalau hanya liburan saja, memang harus bawa jaket yang pas dari Indonesia, kalau nggak ada rencana buat beli di negara yang dituju. Temanku ini sedang mencari jaket dan beberapa perlengkapan. Dia sudah hunting di beberapa toko di sekitar Yogya, toko online, bahkan dia ngubek ke awul-awul katanya. Aku suka banget main ke awul-awul. Oh ya awul-awul itu flea market pemirsah 😆

Yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi musim dingin:

1.Topi, headband atau ear muff Pilihlah dari bahan yang ringan seperti rajutan yang dialasi bahan fleece didalamnya.

Headband yang aku pakai ini buatan orang Greenland, terbuat dari bulu Musk Ox, bahannya lembut dan sangat hangat dipakai.

Headband yang aku pakai ini buatan orang Greenland, terbuat dari bulu Musk Ox, bahannya lembut dan sangat hangat dipakai.

2.Syal. Untuk pilihan syal tergantung nyamannya sih menurutku. Karena ada orang yang nggak nyaman memakai syal. Untuk ini pilihlah yang berbahan ringan seperti silk dan polyester. Tapi untuk disuhu yang benar-benar dingin, lebih baik memakai syal dari bahan wol. Selain melindungi daerah leher, syal ini bisa ditarik sampe ke atas bibir bila terasa sangat dingin.

Minus 30

Minus 30

dsc_3044-2a

3.Thermal underwear atau long jhon. Lapisan dasar ini penting agar suhu tubuh tidak keluar. Pilih jenis yang berbahan elastis, agar mudah beraktifitas. Bahan material thermal underwear dan long jhon ini ada yang terbuat dari bahan katun, fleece, polyester dan wol. Yang lebih baik yang mana? Aku sarankan yang berbahan wol 100%, walau sedikit lebih mahal dari bahan yang lain, tapi kualitasnya juga lebih bagus.

Jaket dalaman yang biasa aku pakai sebagai lapisan ke 2 setelah tank top. Jaket ini dilapisi fleece.

Jaket dalaman yang biasa aku pakai sebagai lapisan ke 2 setelah tank top, ada lapisan fleecenya.

4.Sweater, pakailah yang berbahan wol, fleece atau bulu domba.

5.JaketBagaimana memilih jaket yang tepat untuk musim dingin?

Hal yang sangat perlu diperhatikan ketika membeli winter jacket adalah pastikan jaket tersebut bisa menahan dingin, angin, salju bahkan hujan. Pilihlah jaket yang berisolasi tebal sehingga tubuh kita tetap hangat bahkan ketika tidak bergerak. Tipe jaket ada beberapa jenis, ada tipe coat, Parka, Down dll. Yang coat aku tidak ada referensi, karena aku masih kedinginan dengan coat diminus 8. Menurutku tipe Parka dan Down adalah yang terbaik, karena aku sudah mencoba memakai 2 jaket ini ketika suhu minus 30-an di Greenland. Aku sangat merekomendasikan brand Canada Goose, dan Pajar. Tipe Parka ini adalah jenis jaket yang hip-length dilengkapi dengan hood. Hood sangat efisien untuk menghangatkan kepala dan leher terutama bila angin kencang, apalagi kalau ada bulu-bulunya, yang fungsinya untuk melindungi wajah. Nggak enaknya bawa parka ini selain berat, juga makan tempat didalam koper. Buat traveling yang paling pas adalah yang tipe Down karena sangat packable, ringan, cocok untuk keperluan mendaki, bermain ski dan ukurannya lebih pendek dari yang tipe Parka.

Lapisan bulu angsa didalam jaket parka.

Lapisan bulu angsa didalam jaket parka.

6.Kaos kaki. Untuk cuaca dingin, kaus kaki yang terbuat dari wol, bulu domba dan jenis bahan sintetis wajib dijadikan pertimbangan. Karena kaus kaki berbahan katun tidak cukup, terutama bila kita akan melakukan aktifitas di luar.

7.Sepatu boots. Boots untuk musim dingin beda dengan reguler bootsWhat is the best for you? Tergantung aktifitas yang akan dilakukan. Kalau mau traveling ke daerah yang super dingin dan bersalju, yang perlu diperhatikan adalah bahan isolasi di dalam boots. Untuk menjaga kaki tetap hangat di suhu dingin, sepatu perlu memiliki beberapa bahan penyekat untuk menjebak panas di dalam boots. Boots yang water resistant dan memiliki sekat yang baik akan membuat kaki kita bertahan di lingkungan yang basah, bersalju dan dingin. The taller the boot, the warmer it will keep your ankles.

dsc08136a

8.Sarung tangan. Untuk sarung tangan banyak variant, ada yang dari bahan wol, kulit dan bulu-bulu dan dipakai tergantung musim. Yang berbahan kulit hanya bisa dipakai dimusim gugur. Yang paling sering aku pakai adalah yang skigloves- contohnya yang warna hitam di gambar bawah. Pilihlah sarung tangan yang memiliki ketebalan yang baik, waterproof dan memiliki penyekat sampai ke ujung jari. Hal ini untuk mencegah jari-jari membeku.

Sama kayak sepatu, sarung tangan yang waterproof diberi label Gore-Tex.

Sama kayak sepatu, sarung tangan yang waterproof diberi label Gore-Tex.

Sarung tangan dari kulit anjing laut

Sarung tangan dari kulit anjing laut. Ini juga homemade dari Greenland

Jadi bila ada yang sedang hunting keperluan musim dingin, ini ada beberapa tempat yang bisa aku rekomendasikan seperti:

  • Toko Djohan dan Farina Busana. Nama kedua toko ini sudah terkenal dimana.mana. Dan sekarang sudah bisa beli secara on line. Ditoko Djohan ini lumayan murah dan terjangkau kayak long jhon, thermal, kaos kaki. Aku beli long jhon waktu itu yang lumayan tebal, dibandrol seharga 150 ribu. Yang paling murah 90 ribu. Kaos kaki wol 50 ribu.
  • Premium, Mall Ambassador, banyak pilihan sweater disini, mulai dari 100 ribu rupiah.
  • Outlet besar kayak H&M, Mango, Uniqlo juga menyediakan banyak keperluan musim dingin. Buat yang nggak pinter nawar, pergilah kesini. Kalau di Denmark harga pakaian H&M banyak yang murah. Apalagi hari ini Black Friday, semua item di diskon 20%. Contohnya syal dengan bahan wol yang tebal dari harga 140 ribu diskon 20 % jadinya 116 ribu. Not bad kan 😊
  • Di Denmark di pusat perbelanjaan kayak Bilka banyak menjual keperluan musim dingin dengan harga bersahabat.
  • Kalau kamu bukan tipe gengsian kayak aku, aku sarankan berburu di pasar bekas atau awul-awul atau monja kalau di Medan. Kalau sabar, pasti nemu barang yang bagus, kayak jaket. Harganya juga murah sekitar 50 ribu sampai 200 ribu tergantung barangnya dan penjualnya. Kalau di Yogya, menurut temanku itu bisa ke Sekaten, barangnya masih ditumpuk nggak rapi. Bawa masker bila perlu 😷 karena aromanya buat kepala puyeng 😆ha ha ha..tapii barangnya murah meriah ciiint. Nggak pa pa lah, yang penting bisa jalan ke luar negeri. Ada juga di jalan Taman Siswa, utara Fakultas Hukum UII, dan ada juga di jalan Bhayangkara, RS PKU ke utara lumayan bagus-bagus disini dan sudah ditata rapi. Kalau di Jakarta, bisa kamu datangi di Pasar Baru dan Pasar Senen. Tapi setahuku tergantung stok yang ada, dan nggak banyak pilihan. Kalau di Medan ada banyak, di Pasar Petisah, Pajak Sambu dan Pajak Melati. And you know what, udah aku singgahi semua 😂 ha ha ha. Seru siiih. Di Denmark juga ada tempat menjual jaket dan boots bekas, nama tempatnya red cross, bisa kita temui hampir disetiap kotajadi selain membeli kita menyumbang juga. Selain di red cross, sering juga ada flea market tiap weekend.

 

Selain itu item-item kecil lainnya juga perlu dipersiapkan seperti lip balm dan lotion. Karena di daerah dingin tingkat kelembabannya rendah. Bibir akan pecah-pecah dan kulit sangat kering. So, are you ready for your first winter? 😉

110 comments on this post

  1. Arrum Chyntia Yuliyanti
    November 26, 2016

    Bermanfaat bgt.. Mupeng lihat sarung tangan dari kulit anjing laut

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Makasih mbak Arrum 🙂 sarung tangan seal skinnya cuma dijual di Greenland mbak 🙂 jadi harus kesana buat beli 😀

      Reply
  2. omnduut
    November 26, 2016

    Waktu ke Kashmir itu kita sewa boots dengan bahan karet tebal. Ntah gimana ceritanya masih bisa tembus! Wow. Kaki jadi basah dan sangat gak nyaman. Liat sepatunya mbak Dewi yg ada kisi2 gitu mikir bakalan tembus eh ternyata nggak. Beda harga beda rupa dan gak bisa dibohongin emang hehehe

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Kok tega ya nyewain sepatu tapi bisa mencederai…Emang iya sih Har, harus belilah kalau kita emang mau ngetrip ke daerah2 dingin ..ada kok yang affordable. Disini banyak macamnya…

      Reply
      • omnduut
        November 28, 2016

        Ada harga ada rupa sih emang haha. Pengalaman pertama ngerasain salju, di India pula. Jadi unforgetable moment dah hehe

        Reply
  3. Shintaries
    November 26, 2016

    Apaaahh minus 36 *shock

    Aku ngerasain minus 12 aja udah dinginnya setengah mati. Apalagi tipikal orang Indonesia yang terbiasa dengan kehangatan *eaaa.

    Perlengkapan musim dingin aku lumayan lengkap qiqiqi tapi murah murah semua. Karena sekarang jadinya pergi kalo setelah musim dingin berlalu sekitar februari akhir dan maret hehehe, jadi ngga terlalu punya banyak.

    Listnya lengkapp mba. Aku juga beli di toko johan atau di ITC Kuningan itu lengkap juga ^^.

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Cobain nooh mbak melipir ke es 😀 ha ha ha…once in a life time, buat pengalaman aja… 😉 yang penting bawa bekal yang cukup biar perut anteng 😀 kayak stok sambel 😀

      Reply
  4. Dee
    November 26, 2016

    Waaaaaah kereeeen,, ni sapa sih yg mau ke harbin kok heboh bingiiiiiits

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Ha ha ha..teman deketku ciiin..dia mau seluncuran manja di China…:D

      Reply
  5. Arni
    November 26, 2016

    Bermanfaat banget postingannya kakak
    Meskipun aku belum pernah ke daerah super dingin yang bersalju, tapi ini bosa jadi rujukan kalau suatu hari diberi rejeki dan kesempatan kesana

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Makasih ya mbak Arni 🙂 semoga bisa satu hari melipir ke daerah dingin ya 😉

      Reply
  6. rita dewi
    November 26, 2016

    Dulu sering membayangkan berjalan di tengah salju. Memakai boot, jaket, mantel, dan syal yg keren. (Bayangannya seperti di film2 itu lho) tp setelah baca ini kok sepertinya musim dingin itu jadi menakutkan yak hihi…. maksudnya… sebelumnya tdk pernah memikirkan seperti alergi, pipi yg terasa seperti di tusuk2, tulang yg nyeri dsb. Pokoknya dulu dalam pikiran cm bergaya aja hihihi

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Ha ha ha..:D samalah mbak Rit, aku juga dulu mikirnya gitu, makanya pas pertama kali ke Sweden, jaketku nggak bisa dipake, nggak pas..menang gaya doank…

      Reply
  7. Pink Traveler
    November 26, 2016

    Sama mbak aku beli keperluan baju di winter yaitu long jhon sm kaos kaki di toko Djohan yang lainnya di Uniqlo Kuala Lumpur, beli barang keperluan winter dari atas ke bawah dan dari dalam keluar ini semacam investasi emang mahal awalnya lebih mahal dari tiket promo #curhat tapi kan bisa dipake lama, biar semangat utk liburan lagi ke negara lain, gak winter aja yg dingin, musim semi dan musim gugur jg dingin utk ukuran orang tropis kek kita.
    Buat bibir aku pake petroleum jel merk watson atau vaselin bisa jg buat kulit yg kering biar gak perih dan pecah2

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Bener Na, kalau beli yang asalan, nggak mempan memang..Bukan harus mahal patokannya, tapi yang memang di design untuk winter. Repotnya memang ya kalau ngetrip di musim dingin bawaan jadi banyak dan repot bawa tasnya.
      Yang vaselin rekomended banget 🙂

      Reply
  8. zaenudin
    November 26, 2016

    ternyata murah juga keperluan yang harus dibeli.. kalau barbek (barang bekas) lebih baik saya hindari karena takutnya tidak aman

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Ha ha ha ha..takut ya mas… 😀

      Reply
  9. Fanny f nila
    November 26, 2016

    Toko johan itu langgananku :D. Ama aku skr srg juga PO ama toko lucky dan mooi winter. Mereka brg jualannya jg dr luar sana mba.. Jd bahannya bgs, dan pas aku pake wkt liburan winter jg ga trasa dingin. Ttp anget. Makanya utk liburan ke jepang nanti pas feb, aku pesen lg utk perlengkapan anakku. Ini kali pertama dia bkl ngerasain winter soalnya.. Secara yg kita datangin nanti shirakawago yg katanya bisa sampe minus 20 . Tapi itulah kenapa aku slalu aja pilih liburan di saat winter. Dinginnya itu yg bikin ketagihan, apalagi aku yg ga kuat panas samasekali..

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Wah keren banget sih mbak..sukanya jalan pas winter ya…jarang jarang ada yang suka karena rempongnya itu loh. bawaan double belum lagi tetek bengeknya ya kalau ada snowstorm..:) tapi itupula yang bikin kangen ya mbak 🙂

      Reply
    • Dian Nurseptiani
      November 26, 2016

      Mba Fanny maaf mau tanya..
      Kl toko lucky & mooi winter, lokasi toko nya dmn yah? Atau online?
      Kl bole ak minta info lokasi toko/cp nya gtu..
      Kebetulan lagi cari2 keperluan winter..
      Makasih Mba..

      Reply
  10. Relinda Puspita
    November 26, 2016

    Ini nih yg bikin aku agak malas sama musim dingin. Ribet di pakaian.

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Ho-oh mbaak..tapi kalau habis turun salju..cantik bangeet

      Reply
  11. indri
    November 26, 2016

    kalo aku harus nambah minyak kayu putih plus tolak angin cair biar gak masuk angin hahahah

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Ha ha ha…bungkus rapat kayak pempek lenjer ya 😀 ha ha ha…

      Reply
  12. herva yulyanti
    November 26, 2016

    difoto minus 30 mba?masyaAlloh aku aja ke Lembang Bandung subuh2 uda kagak kuat hahaha apalgi sampe minus gitu y mba :p tapi ngaruh ke nafsu makan g mba?bisa2 gendut donk y?soalnya pas suami ke China musim dingin dy makan terus pulang2 uda kayak buntelan hahaha

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Ha ha ha…ngaruh bangeeet..apalagi habis lihat postingan teman di fb kayak bakso malang, sate padang, ayam taliwang..grrrrr..jadinya aku makan apa saja yang ada di kulkas…:D

      Reply
  13. Ivonie
    November 26, 2016

    Waduh ingat musim dingin di Hong Kong yg minus 12 aja bikin kulitku pecah2 mbak. Apalagi yg minus 30 aw aw…

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Ha ha ha..retak semua mbak..aku sampe pake lotion yang mengandung lemak..sakit banget..jari2ku berdarah

      Reply
  14. Yessi Greena
    November 26, 2016

    Winter pertamaku dulu waktu bisnis trip ke Beijing. Harus bawa koper gedeklah awak karena bawa jaket tebal sama pakaian extra kan. Tapi aku pengen winter di Eropa. Keknya winter betulan kalo di Eropa ya kan…wish my second winter will be in Maastricht next year…amin kan dulu, kak 😀

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Amiiiin…biar makin kenceng doanya ya Yes..Singgah ke Denmark ya Yes, biar mangarsik dulu kita bah 😉

      Reply
  15. Dian Nurseptiani
    November 26, 2016

    Dear Mba Dewi..
    Ak mau tanya, kl utk camera/hp gtu pas di bawa ke tmp yg bersalju/dingin bgt apa perlu penanganan khusus? Atau hrs di cover pake apa gtu atau di apain gtu.. soal nya mikir juga, apakah nnti jd berembun atau bgmn.. yg pasti sih takut rusak.. hehe..
    Makasih Mba..

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Emang ada mbak Dian, untuk mencegah lensa tidak berembun setelah kita bawa keluar…kalau saya, saya bungkus pake handuk sih didalam tas kamera. Kalau mau beli ada tas plastik yang kedap udara mbak biar nggak berembun.

      Reply
  16. ZHARND
    November 26, 2016

    ‘So are you ready for your first winter?’ READY dari dulu kak x’D hanya kesempatan yang belum ada. Doakan yaa. Wah, ngidam banget nyentuh salju sejak SMP duluu. Gara-gara ga keturutan pernah sampai ngerokin saljunya freezer kulkas xD hmm~ jadi kalo winter gitu bener-bener harus well-prepared ya, biar ga tumbang dan malah wasting time ga ngapa-ngapain. Hmm oke hmmm okeeeeee *ngawang sambil ngeces liatin saljunya*

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      😀 ha ha ha..kok sama kita…aku juga dulu gitu..ngorek2 es di freezer makku ngebayangin main salju itu gimana..Tapi setelah dimare..duuuh nggak ku ku dinginnya…

      Reply
  17. sarah
    November 26, 2016

    Kenapa ya kok susah buka komennya. Apa jaringan ku ya? Duh, aku makin mupeng ke Negera 4musim. Pengen segera merasakan musim dinginnya setelah baca tips yang yahud ini. But, baju2, jaket dan boots perlu tempat khusus #hiks #nangisliatbagasi

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      Jaringanmu itu mbak 😀 wkwkwk…belinya disini aja..dari sana pake t shirt 😀 wkwkwkw langsung membeku ya 😀

      Reply
  18. DEWI ERISTY
    November 26, 2016

    Tulisannya lebgkap bngitzzz..jadi pengen mangkat q mb..
    Do’ain ya biar kesampaian main saljunya.
    Bismillah…Amin.
    Salam kenal ya..

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      Amiiin..jadi jadi jadi..biar tinggal packing 😉

      Reply
  19. Molly
    November 27, 2016

    Duh winter memang bikin galau ya, Wi. Bagi kita yang orang tropis dinginnya bisa bikin sakit. Tapi buat pepotoan memang keren banget! Misty gitu. Hahahaha. Aku cukuplah ngerasain winter suhu minus 4 derjat C. Itu udah ngga kuat sebetulnya. Karena aku alergi udara dingin. Hehehe.

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      Ah ke Greenland lah kak sama abang..kapan lagi 😛 Kan ada obat alergi..wkwkwkw

      Reply
  20. Emak Pelancong
    November 27, 2016

    uhhhhh… Harbin dingin bingits yaks. Ice scupture festival-nya katanya keren banget.. Maksimal aku baru ngalamin minus 20°. Eh apa minimal, yah? hehe. Di tempat2 main ski, malah palingan – 10. Tapi suka mupeng juga liat perlengkapan musim dingin yg keren2. Di sini yg mihil2 yg buatan Norwegia.

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      Iya mak, aku dah liat acaranya di web mereka..ajib..keren banget…kepengen aku mak, masuk wishlist ah..suami juga tertarik katanya…
      Merek Norwegia seram harganya ya mak, tapi emang bagus banget kualitasnya..

      Reply
  21. Emaknya Benjamin br. Silaen
    November 27, 2016

    OMG perjalanan pertama ke negara dingin bakalan nemui minus 30 an klo aku sdh merinding duluan Dew hehe .
    Jaket yg dalamnya bulu angsa tuh ditentang perlindungan satwa deh, aku pernah nonton liputatnya kasihan angsa2nya saat dicabutin bulunya,
    aku cuma punya 1 jaket model begitu sih ga mau beli lagi haha.

    Btw aku sdh daftar newsletter blogmu Dew tp ga terima info postinganmu, trus aku daftar ulang keluar text klo aku sdh terdaftar 🙁 .
    Nah barusan muncul kolom follow berlangganan baru nih, semoga berikutnya berfungsi deh hehe.

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      Ha ha ha..kebetulan ada cuti temanku ini kak, trus dapatnya tiket murah ke China, sekalian lah….eh ada festival es..tapi ngeri sih suhu segitu..
      Iya, itu yang di China yang sadis ya mereka cabutin bulu angsanya pas angsanya masih hidup, kan sakit banget..nggak ber perikehewanan banget …
      Lah..berarti yang dari kemaren nggak bisa ya kak?

      Reply
      • Emaknya Benjamin br. Silaen
        November 27, 2016

        Cabut bulu angsa yg ga sadis aku belum pernah lihat, ya bgm pun namanya cabut bulu ya sakit. Klo dicukur spt domba nah tuh ga sakit kayanya hehe..

        Kolom newsletter yg bawah ga berfungsi deh, aku sdh ngisi dan sdh klik link yg ke emailku tp ga dpt newsletter juga..

        Reply
        • dewi
          November 27, 2016

          Bener kak, maunya jangan dicabutin ya bulu angsanya , tapi dicukur..:D kasihan kali ya ..duuuh
          Berfungsi kakakku..aku baru aja nyoba..urutannya nggak pas itu kk buat tempo hari..Yang paling atas alamat email dulu, yang kedua nama, trus yang terakhir last name 😉

  22. sabar
    November 27, 2016

    Untuk sepatu, beli boots gore tex timberland, plus kaos kaki wool, menurutku udah amanlah. Kalo kulit gatal karena kaos kaki bahan wool bisa dilapis kaos kaki tipis dengan serat jarang bahan polyester juga (aku punya banyak dapat dari Qatar air 😀 ) . Dari pas di Norway coba sepatu ini itu…selalu ada yg gak ‘pas’…dan akhirnya beli mountain boot nya Timberland, baru mendingan. Dan bisa dipakai dari musim guru sampai semi, karena enggak basah kalo hujan dan salju becek. Dan bener kata lu, lip balm dan cream kulit yg bagus. So far, my best cream is Eucerin with Urea. Sudah coba Nivea winter, dan Dr Melumad (buatan Israel) tetep kurang buat kulit khatulistiwa menurutku. Untuk cream kulit,walopun cuma buat liburan, belilah di Negara tujuan, di apotik, jauh lebih pasti berfungsi daripada habis2in duit beli di Indo.

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      Ha ha ha..sovenir dari Qatar ya..:D aku juga ada ambil kalau dikasih..kadang tas kosmetiknya cakep cakep yak….Benar, milih winter boots emang harus sabar..kalau salah beli dan nggak nyaman sedihnya gimana gitu, apalagi kalau harganya mahal.
      Masalah cream juga, yang aku bawa nggak pas disini, apalgi di Greenland, kurang moist, jadi wajah masih kering…harus beli di daerah yg kita tuju baru pas 😉

      Reply
  23. Emakmbolang
    November 28, 2016

    Dan kutinggal semua di India, waktu pindahan kemarin koper dah nggak muat. Akhirnya winter clothes ku tinggal semua. Lengkap dengan coat brand ternama yg harganya bikin sesak dada *kipas2duit. Kini aku sesak dada, siapa yg merawat semua investasiku itu 🙁

    Reply
    • dewi
      November 28, 2016

      Nggak dititip sama kenalan aja mak waktu itu? orang kita yang menikah dan resident disana..sayang bangeeeeet..

      Reply
  24. Ranny
    November 28, 2016

    Mbak tulisan pembuka sukses bikin aku shock, apaaaahhhh -36,8??? *pengsan di pelukan George Clooney #eh heheheh
    OMG, nggak kebayang aku orang Indo ke negara yang suhunya kek gitu, pastinya sinusku kambuh huhuhuhuu padahal pengin bangeeeeet ke negara yang lagi winter 😀 *Maklumlaaahhh heheheh
    Pernah juga teman sekantor ke Cina kan sewaktu winter, aku juga ikut rempong belanja ini itu bareng mereka. Perburuan perlengkapan itu enaknya di pasar baju bekas hahahah murah meriah dan banyak masih bagus 😀
    Duh mbak tulisanmu ini bikin mupeng lagi untuk kesekian kali pengin jalan ke negara 4 musim..huhuhuh

    Reply
    • dewi
      November 28, 2016

      Ha ha ha George Clooney si Expresso 😀 ha ha ha
      Temanku ini juga ada alergi dingin. Tapi dia tertantang banget mau liat es, salju dan festival ini..let see lah semoga dia kuat…Aku ngebayanginnya aja udah frozen duluan:D disini udah dingin bangeeeet…

      Reply
  25. Sonny
    November 28, 2016

    Dewi…
    Saat ini di europe udah suhu brp??
    Rencana 11 Des berangkat nich…
    Tujuan italy, swiss, jerman, brussel, belanda dan perancis…
    Sebelumnya saya ke eropa suhu terendah cuma 1 derajad kec di swiss.
    Apa sdh mulai turun salju di negara tsb??
    Pls info ea…
    Thx bfr.

    Reply
    • dewi
      November 28, 2016

      Saat ini udah dingin banget Son…udah mengkeret..minus 1. Udah turun dibeberapa tempat..disini udah melted lagi. Di Swedia dan Norwe udah tebal banget.

      Reply
  26. dewi adikara
    November 29, 2016

    berguna banget! isi daging semua.. mantab mbak, makasi.. moga2 aku nyampe ke Greenland 🙂

    Reply
    • dewi
      November 29, 2016

      Amiin 🙂 asal tahan dingin ya beb 😀

      Reply
  27. pengertian cloud computing
    November 30, 2016

    infonya bagus banget mba, semoga tahun depan akau bisa pergi ke geenland ..
    ingin banget merasakan musim dingin

    Reply
    • dewi
      November 30, 2016

      Tapi dinginnya pake banget loh..

      Reply
  28. vidy
    November 30, 2016

    Inpo2nya komplit banget deh…hope someday menjejakkan kaki juga di negeri empat musim..salam kenal ya mbak

    Reply
    • dewi
      November 30, 2016

      Salam kenal mbak Vidy 🙂 makasih udah kemare yaaa….amin semoga one day 🙂

      Reply
  29. Endah Kurnia Wirawati
    November 30, 2016

    greenland oh greenland..
    kapan saya bisa kesana??
    *intip isi rekening*
    *doakan saja lah..

    Reply
    • dewi
      November 30, 2016

      Amiiin…yuk mbak…hunting photo kita…:)

      Reply
  30. Zia
    November 30, 2016

    Mantap ini kaka. Items yang wajib dibawa banget ini. Aku belum pernah dateng ke negara 4 musim pas lagi winter. Semoga abis baca ini langsung ada rezeki nomplok dapet tiket liburan gratis ke negara yg lagi musim dingin. Hihihihihi

    Reply
    • dewi
      November 30, 2016

      Amiiin 🙂 semoga ya sayang…biar merasakan sensasi cuaca yang berbeda 🙂 aku doakan semoga one day ya 🙂

      Reply
  31. Helena
    November 30, 2016

    Di Palu, Sulteng, tempat belanja baju bekas banyak yang jual jaket untuk winter gini padahal yang namanya Palu itu dekat katulistiwa. Udah gitu yang jualan beri harga seenak dia pula. Hahah

    Reply
    • dewi
      November 30, 2016

      Ha ha ha..mahal kah mbak? kalau ditempatku sekitar 200 ribu udah bagus banget..

      Reply
  32. KeluargaMulyana
    November 30, 2016

    Pasti males kena air ya mba a.k.a mandi .
    Waktu foto outdoor kamera ga beku? Hindari pake jeans ya?
    Salam kenal mba..

    Reply
    • dewi
      November 30, 2016

      Males mbaak..diawal awalnya aja sih..trus ya mandi pake air panas…Kamera harus dijaga aja biar nggak berembun mbak setelah masuk ke kerumah. Salam kenal juga.

      Reply
      • KeluargaMulyana
        December 2, 2016

        Mba request skin care yang harus dipake saat winter donk, sama body juga ya..thanks

        Reply
  33. Levina
    November 30, 2016

    Walah, nahan dinginnya di daerah Puncak Bogor saja ngga tahan. Duh, gimana rasanya kalau sampai minus gitu yak. Apalagi tipe alergi dingin kayak anak ku sama suami. Berarti harus bawa bekal obat alerginya yak.

    Reply
    • dewi
      November 30, 2016

      Kalu ada alergi emang harus bawa mbak biar lancar jaya jalannya..

      Reply
  34. ayana
    November 30, 2016

    Lengkap banget infonya. Ah semoga aja suatu saat bisa nyentuh salju beneran.
    Suamiku orangnya gak tahan dingin. Kalau dingin sinusnya suka kambuh. Kira2 aman gak yah di ajak ke tempat yang super dingin yang penuh salju?

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Kalau ada masalah sinus kayaknya ribet mbak..baklan sering kena sakit kepala, nyeri banget.

      Reply
  35. Fitri restiana
    December 1, 2016

    Duuh baru baca perlengkapan yang harus dibawa aja, udah ngiler pengen meluncur menikmati salju. Tulisannya bikin mupeng iih. Kereeen. Doain ya Mbaaak…

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Makasih udah singgah kemare mbak Fitri yang kece…tetep semangat nulis yak 🙂

      Reply
  36. nonirosliyani.com
    December 1, 2016

    Aku belum pernah ngerasain dingin yang kayak gitu. Lebih suka dingin ketimbang panas sihh.. Tapi kalo dinginnya sampe minus 15, haduhh… kuat enggak yaa…

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Bisa kok mbak, asal pake jaket yang pas..biar ttp eksis 😀 ha ha ha

      Reply
  37. gelintang
    December 1, 2016

    Winter itu nyebelin sih menurut aku,, mesti nahan dingin dan kulit kering,, padal aku baru ngerasain winter yang belum minus yak,, nggak kebayang tu hidup di suhu minus 😛

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Kalau dinginnya emang bikin semaput mbak..apalagi kalau udah es..jalanan licin, sering kejatuh…

      Reply
  38. nianastiti
    December 1, 2016

    Seru banget Mba tinggal di negara bersalju. Aku kayaknya ga bakal tahan, haha. Tapi pengen :p

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Sekali sekali perlu dicoba..uji nyali mbak 🙂

      Reply
  39. Nathalia DP
    December 1, 2016

    Kapan ya bisa liburan ky gt… Bookmarks aja dl 😀

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Monggo 🙂 semoga one day ya mbak 🙂

      Reply
  40. Gustyanita Pratiwi
    December 1, 2016

    Duh kapan ya bisa pepotoan di tengah salju gini, mupeng qaqaaa

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Semoga satu hari ya mbak 🙂

      Reply
  41. Uniek Kaswarganti
    December 1, 2016

    Mbaaa… aku ngimpi banget loh biar bisa main2 dg salju gituh, sampe2 di aktivitas postcrossing (tuker2an postcard) aku nulis permintaan khusus untuk dikirimi kartu2 yg bergambar salju 🙂 Dulu th 2005 pernah ke Belanda dan Jerman, udah ngarep banget berdingin ria di sana dan bawa jaket segala macam. Eee… ternyata sumuk banget (sumuk=panas keringetan). Failed deh ah huhuhuuuu….

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Ha ha ha…itu pas utumn yaa? ha ha ha..kok bisa jadi sumuk?
      Hope satu hari bisa melipir ke Scandinavia ya..disini sudah dingin..dan dinginnya pake banget 🙂 Kalau mau salju di Norwe udah tebel banget.

      Reply
  42. mei wulandari
    December 1, 2016

    Mudah-mudahan bisa liburan ke tempat yg dingin-dingin gitu hehehe
    pengin syalnya mbak, aku pecinta syal hehe

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Syal disini ada banyak yang murah mbak..apalagi kalau udah ganti season… 🙂

      Reply
  43. Rosanna Simanjuntak
    December 1, 2016

    Pernah waktu umroh ke Arab Saudi tepatnya Madinah. Itu aja suhunya sekitar 16 Celcius. Kudu pakai lip balm.. Yang gak telaten, benar, bibirnya jadi pecah-pecah.
    Bah, tak jadilah aku ke Nuuk musim dingin ini, pas musim durian aja laa yaa. hahaha…

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Ha ha ha..iyalah..pas musim durian ajalah kak..lagi parah dinginnya disana juga..nggak tahan nanti bibir kakak 😀 ha ha ha

      Reply
      • Rosanna Simanjuntak
        December 1, 2016

        Sedaaap kali ku dengar ketawamu, bah! Jadi pengen komen lagi aku. Pasti kau orangnya asyiik yaa. Gabe tarhirim au fuang!
        Seleb blog kau sekarang ya, rebutan orang taruh komen di sini, ku tengok.
        Dukun mana kau pakek. Yang dari Simalungun itu ya?
        Hahaha…

        Reply
        • dewi
          December 1, 2016

          😀 wkwkwkwkkwkw..onde mandeee kakak….pake dukun pula 😀 wkwkwkwwk nggak lah kak…paling tebar pesona ajanya 😛

  44. Irly - (Irna Octaviana)
    December 1, 2016

    Ehm.. biasalah.. ngakak lagi baca ini..
    Beberapa bulan yang lalu saya nemening teman belanja buat persiapan ke bristol, adalah ya sesi pencarian buat persiapan musim dingin. I wish you write earlier, jadi bisa kasih tahu dia biar belanja keperluan musim dinginnya di sana saja, isi kopornya bahan makanan saja.. WKwkwk

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Jadinya dia beli macem2 ya mbak 😀 wkwk semoga nggak salah beli ya temannya..kayak saya dulu..duuh kalau ingat itu lucu bangeet..

      Reply
  45. •Dina Safitri•
    December 1, 2016

    Bermanfaat banget mbak, ya kali suatu saat bisa ngerasain minus 36 juga, hihi.. btw di dalam cold room (freezer raksasa) aja aku kedinginan banget, gimana kalo sehari2 ngerasain minus 36 ya, hihi

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      iya..tantangannya gede mbak Din 😀 kalau dalam konsep harus tinggal sehari2 yaa…

      Reply
  46. Rach Alida Bahaweres
    December 1, 2016

    Hallo mba Dewi, senang sekali berkunjung ke blog ini jadi semangat untuk bisa mendapat kesempatan untuk menikmati musim dingin. Aku suka syalnya cakep ya 🙂

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Makasih ya mbak, udah main kemare 😉 Syal syal saya murah meriah semua mbak..selalu beli pas lagi diskon 🙂

      Reply
  47. Silva
    December 1, 2016

    Informatif banget Mbaa…
    Aku keep siapa tau someday butuh menghadapi musim dingin 🙂

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Monggo mbak 🙂

      Reply
  48. muti mimut
    December 1, 2016

    nice info mba, bermanfaat buat wisatawan yang akan berlibur ke luar negeri

    Reply
    • dewi
      December 3, 2016

      Makasih mbak 🙂

      Reply
  49. April Hamsa
    December 2, 2016

    Sip sip aku catat mbak. Kali aja suatu aktu bisa liburan ke negara yang ada saljunya pas winter 😀 thx

    Reply
    • dewi
      December 3, 2016

      Seeep…semoga one day ada rejeki yak 🙂

      Reply
  50. Ndy Pada
    December 2, 2016

    Baca postingan mba Dewi jadi makin pengen liburan ke negara yang ada musim saljunyaa.
    Tulisan mba Dewi memang selalu keren!

    Reply
    • dewi
      December 3, 2016

      Ihiiir..makasih baut pujiannya maaak..jadi ge er aku 😀 wkwkw

      Reply
  51. Ratna Dewi
    December 3, 2016

    Aku belum pernah menikmati salju dan musim dingin nih, pasti awkward banget suatu hari kalau punya kesempatan melewatinya. Btw, aku naksir sama foto-fotonya, kalau boleh tau ini pakai kamera apakah, Mbak?

    Reply
    • dewi
      December 3, 2016

      Mbak aku pake Nikon mbak..:) Makasih buat pujiannya 🙂

      Reply
  52. agi pranoto
    December 4, 2016

    mbaak ku ingat musim dingin pertamaku hahaha. Pake legging terus didouble celana training terus pake kaos tebel didouble cardigan didouble jaket baru didouble winter coat, terus pake beanie, pake ear muff, pake slayer, pake buff, pake masker hahahaha, terus ngga berani mandi seminggu meskipun ada air anget. Jorok ya? emberrrrr tapi gimana dong, abis adem hihihi

    Reply

Leave a Reply

Follow me on instagram

Back to Top
Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: