Winter is always coming

October 14, 2016 by dewi in Blog 132 comments
Winter is always coming

Udah lama banget pengen cerita tentang musim dingin di Greenland itu kayak apa. Baru bisa ditulis sekarang karena udah ada platformnya. Selama ini nggak sempat karena sibuk ngurus rumah, kejar setoran 😀 alasan! 😀  Selama tinggal di Greenland, aku sharenya paling di FB sama keluarga dan teman teman dekat saja. Tapi emang nggak puas gitu sih, jadi ini lebih biar ada yang dikenang satu hari nanti tentang negara kutub ini.

Butuh waktu yang cukup lama untuk aku bisa terbiasa dengan cuaca dingin waktu pertama kali tinggal di Eropa – di tahun 2011 waktu itu. Badanku shock banget pas baru keluar dari pintu pesawat. Kayak kena serangan dingin. Mantel yang aku bawa dari Indonesia, tidak tepat untuk kupakai dengan suhu sedingin itu. Aku beli banyak pula dari on line shop, aku belinya karena model kekinian ala princess nyasar 😀 ha ha ha. Tobat! Bahan mantel abal-abal, cepat banget berbulu. Alhasil aku tidak bisa pakai. Pas ke Greenland tahun 2012 tubuhku mencoba mengingat-ingat sensasi dingin yang pernah aku rasakan diawal tahun 2011. Tetep saja, aku menggigil ketika sampai di Nuuk.

Jadi gimana sih musim dingin di Greenland?

Di Greenland, salju sudah turun di bulan September. Antara bulan Oktober sampai bulan Maret dinginnya ekstrim, bisa sampai dibawah 25 derajat, kalau kondisi berangin atau sering disebut chill factor bisa sampai minus 35. Hari hari pun sangat pendek dikarenakan gelap dari jam 3.30 sore sampai pukul 9.30 pagi, berlangsung dari bulan November sampai bulan April. Semakin kita ke utara Greenland, semakin panjang polar nightsnya seperti di Uummannaq, tidak ada terang sama sekali dibulan Oktober sampai Februari. Pada tanggal 21 atau 22 Desember, matahari berada pada garis balik selatan dan bergeser 23,5°, saat inilah didaerah kutub utara termasuk Greenland, mengalami malam hari yang panjang dan siang harinya pendek. Tetap masuk kantor? Ya iya, semua aktifitas berjalan seperti biasa, bekerja 8 jam sehari. Pergi kerja gelap, pulangpun gelap 😀

Salah satu sudut kota Nuuk. It is called Kolinihavn.

salju turun

Ngintip dari jendela…salju turun

Semua beku

Saljunya fresh, masih lembut dan bersih, It’s time to have some fun!

Yipiiieee….lupa umur 😀

Musim dingin ini berlangsung hampir 8 bulan dengan tumpukan salju yang sangat tebal, bisa 3-4 meter. Pasti mikirnya, enak ya..bisa puas main snow angle. Ya, iyalah…tapii yang nggak enaknya harus ngeruk salju di tangga depan rumah, mau bukti? nih my bicep! kekar 😀 Sisa 4 bulannya mix antara musim semi, gugur dan musim panas. Sepanjang tahun kita harus mengenakan jaket, dengan ketebalan yang berbeda setiap musimnya. Jadi tiap ganti musim ya ganti jaket. Bener -bener mahal biaya hidup diawal-awal tinggal disana, hanya untuk kebutuhan sekunder ini.

Capek adek bang!!

Capek adek bang!!

How do I look? 😉

Pernah dengar winter depression kan? Aku sempat ngalamin, walau nggak berat, karena aku sibuk kerja di Rumah Sakit. Tapi ada banyak orang – orang yang kena WD, sehingga harus konsul ke psikiater. Rendahnya cahaya di musim dingin, gelap yang berkepanjangan, dan lelah ini menyebabkan stress. Jadi itu alasannya, kalau bule suka berjemur bahkan nude di pantai-pantai ketika liburan ke daerah panas terutama bule – bule kutub.

Bagaimana beradaptasi dengan dingin?

  • Banyak makan kalori, biar tetap hangat. Aku suka masak aneka sup. Rasanya pas buat ngangetin badan dengan makan makanan yang banyak rempah seperti jahe, dan merica. Menurut penduduk lokal dan teman-teman kantor, mereka bisa survive dengan suhu dingin dikarenakan mengkonsumsi mattak – kulit ikan paus putih yang mengandung lemak dan kandungan vitamin C. Inilah alasan Inuit bisa survive tanpa makan sayur. Gaya hidup makan sayur ini, baru dilakukan beberapa generasi saja. Makanya diawal-awal kerja di RS, suka heran melihat pasien tidah suka makan sayur, dan akhirnya mereka jelaskan kalau mereka tidak terbiasa. Mattak ini makanan favorit mereka. Harga mattak, 100 gram nya sekitar 220 ribu Rp. Mahal! Mattak ini dimakan mentah dan sangat chewy, sangkin chewynya langsung ditelan saja – aku tak sanggup pemirsa, biasanya aku kunyah sampe lama biar bisa aku telan, atau kalau nggak ada yang lihat aku umpetin di tissue sebelum aku buang 😀 kalau aku boleh gambarkan seperti makan kikil. Aku pernah beberapa kali makan, diawalnya karena penasaran sama rasanya, trus nggak lagilah, tapi buat nolak rada susah karena nggak enak sama yang nawarin. PS: Orang Greenland sangat senang bila kita suka makanan tradisional mereka.
  • Kalau cuaca sedang baik, usahakan untuk sering-sering diluar, do some activities you like, mau itu jogging, sepedaan atau hanya sekedar jalan-jalan ditaman, biar tubuh terbiasa. Aku sering diajak suami mancing. Bisa 4 jam lebih kami berada diluar. Kalau orang Greenland sendiri, winter itu saatnya main ski, dog sledding, snowmobiling dan menikmati keindahan aurora aka northern light.
  • Di Greenland, Denmark dan Swedia aku sering lihat ibu-ibu menidurkan bayinya di baby stroller, diletakkin di balkon atau di pekarangan rumah pas dimusim dingin. Inilah cara mereka membiasakan tubuh anak agar beradapatasi dengan cepat dengan cuaca dingin, dan tentunya kualitas tidur lebih lama.
  • Tips buat adaptasi yang satu ini agak sedikit ekstrim tapi pakar menyebut ini cara yang jitu. Polar plunge! Nyemplung ke air es, laut atau danau pas suhu lagi minus. Sampai saat ini aku belum pernah coba nyebur, pas summer aja airnya dingin banget. Teman-teman suka nantangin, tapi aku belum ada nyali. Aku pernah nyobain mandi dengan air dingin  di rumah, itupun karena air panasnya nggak nyala 😀

 

“Life is either a daring adventure or nothing at all.”
― Helen Keller

 

Video Credit: VisitGreenland

132 comments on this post

  1. siti
    October 15, 2016

    wow aku follow blog nya yahhh kerenn.. saya suka foto2 nya kece kece mbak..dan senang baca baca tentang cerita di belahan bumi
    keep posting yahh…

    Reply
    • dewi
      October 15, 2016

      Hello mbak Siti! Makasih looh dah dibilang keren 😀 Iya nih aku baru mulai nulis 😀 selama ini masih diungkep 😀 ha ha ha

      Reply
  2. relly
    October 15, 2016

    Keren. Mbacanya ikut borgohan wi.

    Reply
    • dewi
      October 15, 2016

      Alooo..borgohan ma geee 😀 Makasih udah mampir mak jenges 🙂

      Reply
  3. Mbaak, mau icip Mattak hahaha. Gimana rasanya ya? itu lemaknya kalo dimasak apa gak lumer ya? *ngebayangin lemak ikan patin hwhw.

    Sukaaaa sukaaaa sama tulisannya. Mbak Dewi ini ngakunya aja gak jago, cuma kalo udah nulis ya kece gini. Foto2? gak usah ditanya lagi. Bikin mupeng pingin loncat ke lokasi fotonya hehehehe.

    Reply
    • dewi
      October 15, 2016

      Aku kalau udah si Har yang komen, kok girang banget ya 😀 mungkin karena kita udah kontak lama ya Har dan kamu interest banget sama Greenland…

      Pernah makan mattak disup, lemer emang jadinya…lebih bisa termakanlah..tapi ini ala Asia. Kalau kita ke Greenland, orang lokal suka banget nawarin makanan mereka..jadinya ya mau nggak mau harus dimakan 😀
      Eh aku belajar dari kamu loh Har, beneraaan…kamu nggak tau sih aku stalkingin 😀

      Reply
  4. Dee
    October 15, 2016

    Ciiiiiiiiin kereeeeen, aku suka foto jepitan baju hahahah.. entah kenapa artistik bingiiit….

    Reply
    • dewi
      October 15, 2016

      Makasih ciint 😉 semua kita jepret yaaa

      Reply
  5. Dongan sahuta
    October 15, 2016

    Ngali na menusuk sahat tu holi2 🙂
    Tapi seru….
    Sukses terus nang…
    Salam tu kelg

    Reply
    • dewi
      October 15, 2016

      Makasih dongan sahuta..:) nanti aku sampaikan…take care xoxo

      Reply
  6. Evi
    October 15, 2016

    Waduh Mbak, saya terpesona melihat foto-foto di salju itu. Beneran beda banget dengan Indonesia yang serba hijau. Nggak bisa membayangkan Bagaimana dinginnya. Tapi keren banget 🙂

    Reply
    • dewi
      October 15, 2016

      Makanya dinamakan Greenland aka tanah hijau kak Evi 🙂 biar kesannya positif 😀 dan emang putiiiih semua, beda sama Iceland, ada banyak pohon 😀

      Reply
      • Rosanna Simanjuntak
        November 6, 2016

        Hai, aku mampir lagi.
        Geregetan pengen komen di sini.

        Hmm… jadi Greenland itu semacam doa ya. Supaya tampak hijau. Funtastic!

        Reply
        • dewi
          November 7, 2016

          iya bener kak..emang disengaja, dan Iceland tidak melulu es disana, disana malah ada pepohonan gitu…

  7. Surya anne
    October 15, 2016

    Hi sis Aku jdi pingin Ke tmptmu greenland

    Reply
    • dewi
      October 15, 2016

      Yuk, rame-ramein Greenland 😀 Kita buat arisan, makan bakso rame-rame …

      Reply
  8. Hanna Ester
    October 16, 2016

    Sering2 posting kak
    Nyasar kesini krna di share bg yayan (haryadi yansyah) di wall fb nya

    Boleh mampir ksna ga kak kapan2

    Btw salam kenal kak. Aku jg halak hita

    Reply
    • dewi
      October 16, 2016

      Hello Hanna ..aku malah baru liat dia share di wallnya.. baik banget emang si Har 🙂
      Boleh dunk mampir… silahkan, sejauh ini baru ada 1 orang Indonesia yang berkunjung ke Greenland, dia solo trip, trus kita ketemuan di resto, trus aku ajak nginap di rumah..luckynya dia, malam itu ada northern light …Boru apa Hanna?

      Reply
  9. Lasma manullang
    October 16, 2016

    Hoaaa…bayanginnya hidungku gatel. Semangat banget pas liat postingan ini. Ga sabar nunggu postingan dewi yg lain.

    Reply
    • dewi
      October 16, 2016

      😀 ha ha ha…hidung tipikal kayak aku kecil imut ini, di Greenland lumayan menderita, karena terlalu kecil lubangnya 😀 selalu dingin

      Reply
  10. Zizy Damanik
    October 16, 2016

    Salam kenal juga Dewi, bordam sama yaa kita. LOL.
    Baru main sekali ke sini tapi aku keknya suka dengan blognya, ada cerita berbeda yang bisa aku baca.
    Gak kebayang kalau aku tinggal di sana, melihat salju setinggi itu, kemudian ganti mantel tiap musim, mo berapa duit keluar… hahaha…

    Reply
    • dewi
      October 16, 2016

      Aseeek ..kak Zizy main ke blog ku..aku juga udah follow blog mu kak, suka lihar krn banyak photo2 kecenya …. 🙂
      Aku juga nggak bisa nabung diawal-awal kak Zi, tiap habis gajian, beli keperluan musim dingin 😀

      Reply
  11. Nella (Emaknya Benjamin)
    October 16, 2016

    Dew klo liburan asyik kali yake tempatmu saljunya tebal banget, klo buat tinggal lama sepertinya aku ga tahan, bakalan ga keluar2 rumah kali hehehe.

    Reply
    • dewi
      October 16, 2016

      Liburan iya kak Nel..kalau buat hidup memang berat…mana semua terbatas dan jauh kemana-mana…Greenland itu isinya banyakan turis sih …

      Reply
  12. Velia Simarmata
    October 16, 2016

    Keren kak. Terus menulis yaa kak. Biar bisa membaca tentang belahan bumi langsung dari orang Yg sudah ngalamaiinnya. Sukses buat tulisan dan fotografie nya kak. Btw penasaran sama mattak, Ada fotonya kak ?

    Reply
    • dewi
      October 16, 2016

      Hello Vel..wah makasih ya udah melipir ke sini 😀 ha ha ha..ada maunya si butet satu ini kutengok 😉 amiiin…mudah2an jadi photoshoot kita itu yaaaa… gambarnya kk kirim ke fb mu ya

      Reply
  13. Alid Abdul
    October 17, 2016

    Omegaaaaatttt prasaan baru kemarin tanya-tanya tentang blog dan terus ngilang, eh ini kok blognya keren bingiiiiiiiiiiiiiiiiiitt, aku jadi minder haha.
    Duh ngebayangin mattak mau muntah, liat gambarnya aja kayaknya huek gitu haha. Aku sendiri belum pernah ngerasain lihat dan pegang salju, suhu terdingin yang pernah saya alami cuma 15 derajat waktu musim gugur di Jepang wkwkw. 15 derajat mah gak ada apa-apanya kalau di sana yak.

    Btw mbak Dewi urlnya jangan angka yak, gak bagus untuk SEO, bisa di setting di permalink mbak 🙂
    Oh ya sekalian pasang jetpack juga mbak untuk kemudahan dan bisa konek ke wp terus bisa lihat stat klo dipasang jetpack.

    TERUS AKU KAPAN KE GREENLAND?

    Reply
    • dewi
      October 17, 2016

      Makasih loh Lid, kamu udah mau main kesini, sama sarannya Kalau nggak, ya mene kuteheeee 😀 kasihan nya aku..Ntar aku bawain vodka mini ya 😉 …aku doain kamu bisa guling-guling di salju ala SRK 😉

      Reply
  14. Junita
    October 17, 2016

    Keren blognya, edaa….sukak dgn pengalamannya.. Membuka wawasan dan mengingat masa di sweden. Itupun gak seberapa dinginnya dengan negara iceland. Sehat2 ya eda. GOD bless u. ☺

    Reply
    • dewi
      October 17, 2016

      Horas eda 🙂 Makasih udah mau melipir ke sini 😉 Iya ya ingat waktu kita bareng ke Latvia 😀 ha ha ha…Eda juga sehat-sehat ya..GOD bless eda 🙂

      Reply
  15. Pucha
    October 17, 2016

    good luck ya say bwt blogg nya 😀 simple tapi enak dibaca.. love it!!

    Reply
    • dewi
      October 17, 2016

      Makasih ya Pucha cantik, udah ninggalin jejak disini…im so happy 🙂

      Reply
  16. dianeato
    October 17, 2016

    sekali baca dan liat tampilan blognya udah jatuh cinta… 😀
    di indo saja kalau kedinginan demamnya parah gila, gimana kalau disana.
    anyway mba perawat yah ??
    salam kenal yah.. makasih loh udah komen dispotingan aku. Hehehe

    Reply
    • dewi
      October 17, 2016

      Makasih Dian sayang, sudah kesini 🙂 and thanks udah suka 😉 I did my best dear….
      Iya saya perawat 🙂 Perawat juga?

      Reply
  17. Emak Pelancong
    October 17, 2016

    Pengen ngerasain nginjek Greenland… Meski aku beberapa kali kena WD, tetap pengen ke sana. Bentar ajah. hehe. Salam kenal, Mbak. Keren blognya. ira

    Reply
    • dewi
      October 17, 2016

      Hello mbak Ira..kena WD dimana? Keren euuy perjalanan ke Yordania 🙂
      Eh kalau dah ke Greenland, sekalian melipir ke Iceland, Faroe Islandnya sekalian..puassss 😀

      Reply
  18. Francisca
    October 17, 2016

    Lapooorrr….saya bisa baca yaa dan buka blog mba Dewi…sukaaa sm ceritanya, wish one day I could go to ur hometown (mikir jaket yg bagaimana bisa nutupin dingin udaranya xixixiixii) dan aq juga pengen liat fenomena Aurora….

    Reply
    • dewi
      October 17, 2016

      Yeeee…videonya gimana ..bisa dibuka ndak? Pake jacket yang tebel aja, nggak usah mantel ecek2 😀 ha ha ha..itu mah aku yak 😛

      Reply
  19. Henny Susanti
    October 17, 2016

    Wlpn aku lom bs liat vimeo-nya, at least aku bisa menikmati tulisan n foto2 kakak yg ciamikkk!

    Reply
    • dewi
      October 17, 2016

      Aiisssh..ninggalin jejak dia 😀 Makasih ya beb..you made my day 😉 love the word – ciamiiik 😉

      Reply
  20. cumilebay.com
    October 17, 2016

    Eh busyet minus 35 itu gimana dingin nya ???? gw ke semeru yang cuman 10 derajat aja dah mati rasa pala pusing pengen pulang

    Reply
    • dewi
      October 18, 2016

      Untuk seorang cumi lebay .minus 35 itu bisa jadi petaka! Beneran…lah .ntar siapa yg ngangetiiin 😀 ha ha ha

      Reply
  21. tesyasblog
    October 19, 2016

    Hai Dewi, keren banget tinggal di Greenland, tapi ya ngebayangin dingiinya itu loooh…hahaha…
    Semoga sehat terus ya disana:) Love your blog!

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Makasih mbak Tesya, udah kunjungan balik ke blogku… 🙂 mbaknya juga kece…jalan2nya udah kemana2…:)

      Reply
  22. wahyu ningsih2
    October 20, 2016

    kereeeen mba foto2nya,.,jadi pengen nyobain pegang salju (eh jadi norak) heee,.,tp kalau suhunya minus ga kebayang bakalan gimana (mungkin bisa mati rasa), ke lembang doank aja udah gak mau kena air,.,xixixi,.,follback yach

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Makasih mbak Wahyu 🙂 Lembang masih dingin ya? dulu bapak saya sekolah militer disana, ceritanya selalu kedinginan.. 😀

      Reply
  23. Utie adnu
    October 20, 2016

    Keren mba Dewi beruntung bisa mengenal bagian bumi nun jauh aku dh following y,,, pingin bc postingan yg lainnya lg pst menarik^^

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Tapi ya itu mbak Utie, kangen sama keluarga, terutama orang tua…:)

      Reply
  24. Fania surya
    October 20, 2016

    Aq blm pernah kesini. Kapan ya?

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      jangan mbak..nggak ada abang2 tukang bakso, siomay, mie tek tek 😀

      Reply
  25. Noorma
    October 20, 2016

    Salam kenal yaa mbak. Hari ini aku baru berkunjung ke blog mbak. Dan selamat atas alexa yang sudah meramping

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Iya nih, blogku sedang diet 😉

      Reply
  26. widya revina
    October 20, 2016

    baru baca satu tulisan ini aja ak udah tertarik sama blog mba…Keren mba. Bahasanya pun ga ngebosenin. Ceritanya seru mba. Ak pasti bakal ubek-ubek blog ini. Sehat dan sukses slalu mba

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Amiin mbak Wid..thanks buat doanya…Makasih udah mau singgah 🙂 Mbak juga sehat.sehat ya disana 🙂

      Reply
  27. Marissa
    October 20, 2016

    Wah bayanginnya aja ga kuat di bromo yang ga ada salju pake baju 4 lapis apalagi di greenland yaa ..mba klo boleh blogwalking ke blogku ya http://www.nadifolaf.blogspot.co.id minta sarannya

    Makasi

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Hello mbak Marissa, aku itu malah belum pernah ke Bromo, liat teman2 jalan ke sana trus pake jaket tebal penasaran jugaa…

      Reply
  28. Molly
    October 20, 2016

    Whoaaa liat foto-foto bersalju parah gini jadi keinget pas liburan ke Turki musim dingin. Itu aja udah ampun2an di suhu -4C. Gimana lagi kayak giniiii? Suka ceritamu, mba! Foto-fotonya keren semua. Salam kenal, mba Dewi *follow blog nya ah

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Hello mbak Molly, aku juga pernah tuh transit tapi di Istanbul, pas habis terbang dari Bangkok, dingiin banget…persiapan sebelum masuk frezer cucok lah 😀

      Reply
      • Molly
        October 20, 2016

        Hahahaha… tobat aku sama dinginnya, mba

        Reply
        • dewi
          October 20, 2016

          Jangan atuuuh, mari ngetrip ke es 😀 ha ha ha

          • Molly
            October 20, 2016

            Waduh! *brb ambil longjohn dan jaket musim dingin

  29. Malaika_Rkomalade
    October 20, 2016

    Keren mbak, jadi pengen kesini …

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      yakin mbak Malaika mau kesini ? 😀 ha ha ha

      Reply
  30. herva yulyanti
    October 20, 2016

    Mba syakeeepp bangetttttt, baru mampir kesini sudah falling in love 😀 salam kenal y mba pengen banget deh ngerasain pegang salju hahaha..

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Makasih mbak Herva… 🙂 salam kenal juga…ayo ngetrip mbak, ini udh winter …bakalan banyak salju thn ini…

      Reply
  31. Haeriah
    October 20, 2016

    Saljunya bikin iri. Pengen banget ngerasain main salju, huah langsung deh kebayang dinginnya. Kapan ya aku bisa ke sana?

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Dinginnya bikin susah mbak, enak dimata doank loooh… 🙂 semoga mbak Haeriah bisa merasakan salju one day..amiin

      Reply
  32. Arni
    October 20, 2016

    Woooo foto2nya kece banget mbak
    Bikin pengen ikutan meluncur disalju

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Makasih mbak Arni, yuk mbak mari kita luncuran bareng.. 😀 lupa umuuur

      Reply
  33. Wian
    October 20, 2016

    Kapan yaaaa aku bisa main salju asli kaya gitu? Hahaha selama ini cuma main salju2an.

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      😀 nggak pa pa mbak..dari salju saljuan ntar ke salju beneran … 🙂

      Reply
  34. agi pranoto
    October 20, 2016

    disini lagi panas banget, liat salju di blog mbak rasanya ademmmmm (eh dingin maksudnya hihihi)
    salam kenal ya mbaaak

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Salam kenal mbak Agi 🙂 aku jadi gampang sumuk loh pas pulkam ke Medan dl…padahal dulu mah ya biasa aja…

      Reply
  35. Tikha
    October 20, 2016

    Saya suka dengan postingan macam begini. Follow ah biar bisa ikutan merasakan dinginnya greenland

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Aseek….makasih dah di follow mbak Tikha.. : aku follow dirimu juga 🙂

      Reply
  36. sarah eyie
    October 20, 2016

    BLog baru aja dah sebagus ini tulisannya.. aaahh Mbak Dewi bisa membawaku serasa berada di green land..membayangkan kedinginan disana..hahahah gak kuat saya mbak dengan dingin bisa beku badan ini

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Makasih mbak Sarah 🙂 aku tersanjung …. 😀 itu dia yang ingin aku hadirkan ke pembaca sebenarnya melalui tulisan dan gambar2 ku..

      Reply
  37. alfu laila
    October 20, 2016

    Fotonya, tulisannya, kereen semuaa.. duh saya kapan ya bisa ke tempat yang ada salju benerannya..hihi

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Makasih mbak Alfu..ayo diniatkan aja dulu mbak…:)

      Reply
  38. Akarui Cha
    October 20, 2016

    Putiiiihhhh dimana mana. Suka banget ngeliatnya tapi deg ddegan, apa aku bisa beradaptasi dengan cuaca ssedingin di sana ya.

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Bisa mbak!. aku bisa berarti mbak Akarui juga pasti bisa 🙂

      Reply
  39. Tita Kurniawan
    October 20, 2016

    Waah,,winternya 8 bulan mba? Lama yaa,,benar2 ketutup es semua yaa,,
    Salam kenal mba dewi

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Sebenarnya bisa ke 9 bulan mbak Tita….huaaaaaa…..demi keutuhan dunia 😀 ha ha aha..salam kenal juga mbak sayang…

      Reply
  40. kania
    October 20, 2016

    rrr dingin, tapi liat salju ko indah yaa pengen ngerasain hehe

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Padahal sumpeeee nggak enak hidup di frezer loh

      Reply
  41. Winda Carmelita
    October 20, 2016

    Ngeliat fotonya, adem. Kayaknya sambil dengerin Sigur Ros, bisa menggigil banget nih ya Mbak.
    Btw, salam kenal, blognya sudah kufollow ^^

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Ha ha ha….Sigur Ros cucok yaaa….sambil minum bandrek…huaaaa

      Reply
  42. imeldasutarno
    October 20, 2016

    mba dewi salam kenal….betapa beruntungnya dirimu bisa sampai ke negeri orang seperti ini ya, merasakan salju juga…..Terus berkarya ya mbak, salam hangat dari Indonesia 🙂

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Salam kenal mbak Imelda….Sini mbak, kunjungi saya ..saya kesepian 😀 ha ha ha….makasih ya mbak Mel, mbak sehat sehat yaaa….

      Reply
  43. Rizka nidy
    October 20, 2016

    Nemu blog mba dewi tu ibarat falling in love at first time. Bagus2 bgt fotonya… Sukakk!

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Makasih Rizkaaa…..kau membuatku bahagiaaa 🙂

      Reply
  44. Helda
    October 20, 2016

    Gila keren banget foto-foto di blog ini, Kak. 😀 Anyway, sampai sekarang belum pernah ngerasakan gimana salju itu. Kalo dari film-film yang aku tonton, yang saljunya banyak sampai badai gitu, contoh film terakhir aku tonton yang banyak saljunya itu filmnya Quentin Tarantino “Hateful Eight”, ngeliat dari film aja sesek gitu.

    Love your blog! Blog ini seakan ngebawa aku ke negeri yang begitu berbeda. Horas da bah!

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Bah Hel..dah sampai juga kau kesini 😀 wkwkwk…semoga blogmu dah bisa aku post ya komennya…
      Mauliate lah dah dibilang bagus..jadi semangat Hel…Aku belum nonton itu film Hateful Eight..ntar aku cek ah..dah aku googling ini..kayaknya bagus film nya….

      Reply
  45. aizeindra
    October 20, 2016

    Ajak aku kak, biar aku bantuin kerus salju depan rumah kakak 🙂

    Reply
    • dewi
      October 20, 2016

      Mau kalipun 😀 mareeeee

      Reply
  46. Rahma Anan
    October 20, 2016

    dinginya.. enggak pernah kebayang bisa tinggal di tempat ‘extreme’. 20*-an aja udah sering kena flu.
    saya setuju sama yang lain… foto-fotonya bagus indah.. 😀

    salam kenal 🙂

    Reply
    • dewi
      October 21, 2016

      Salam kenal mbak Rahma Anan…salam kenal juga 🙂 Makasih loh udah mampir kesini 🙂

      Reply
  47. Hana Bilqisthi
    October 21, 2016

    Masya allah pemandangannya cantik bgt ya mba 🙂 makasih tipsnya soal beradaptasu dengan daerah dingin 🙂

    Reply
    • dewi
      October 21, 2016

      Nuhun sudah berkunjung balik mbak Hana 🙂 senang berkenalan dengan jenengan 🙂

      Greenland kalau tertutup salju emang mencengangkan mbak Han..luar biasa indahnya 🙂

      Reply
      • Hana Bilqisthi
        October 21, 2016

        Sama2 mba 😀 nice to meet you, too 😀 makasih ya udah berbagi pengalamannya 😀 semoga suatu hari bisa kesana 😀

        Reply
        • dewi
          October 22, 2016

          Amiin 🙂

  48. inlycampbell
    October 22, 2016

    Aduhhhh.. saljunya gak nahan.. pengen guling2an disitu dehh.. hihihi.. Salam kenal juga.. Walo baru start blog, tapi isinya dah paten punya.. lots of great pics..

    Reply
    • dewi
      October 23, 2016

      Makasih udah melipir ke blogku mbak Inly 🙂 senang bangeet 🙂 Ayo mbak, guling2 😀

      Reply
  49. idfi pancani
    October 23, 2016

    Wowwww what a story. langsung ngebayangin gmn rasanya 8 bulan di musim dingin … aaaah aku mah langsung kaligata hihii thanks for sharing btw.

    Idfi
    idfipancani.blogspot.co.id

    Reply
    • dewi
      October 23, 2016

      Hello mbak Idfi, salam kenal….kalau udah musim dingin mbak, masih masuk gerbangnya aja udah stres duluan 😀 yang enak itu udah ditengah tengah musimnya..udah lumayan steady winternya jadi kita lebih tenang..

      Reply
  50. Yessi Greena
    October 23, 2016

    8 months in Winter? Maigaaatt…bisa habislah lemak awak. Hahahaha….
    Salam kenal juga. Horas bah. Awak juga bataknya. Boru Purba. Cemana kalo kita bikin komunitas blogger batak aja? 😛

    Reply
    • dewi
      October 23, 2016

      😀 harus banyak makan yang barlomak-lomak biar bisa tahan ya Yes..kayak org Greenland…makannya lemak ikan paus 😀
      Eh opungku boru Purba loh..Asalnya darimana Yes? Yuk kita buat yuk blogger batak ..seru juga tuh 😀

      Reply
  51. Ulfarick
    October 24, 2016

    Waduh mbak dewi gmna nanti klo aku tinggal di sweden ya, harus persiapan apa dari skg neh… Secara sama AC aja aku gak kuat mandi klo udah sore juga cuma lap badan aja,hehehehehe….

    Reply
    • dewi
      October 24, 2016

      😀 Untuk pertama kali ya emang harus adaptasi mbak…Kira-kira 3 bulan pasti udah bisalah…Sweden nya di mana? kalau di Utara emang dingin banget.

      Reply
      • Ulfarick
        October 24, 2016

        45 menit dari orebro sih tepatnya di Lindesberg mbak dewi,..

        Reply
        • dewi
          October 24, 2016

          2 jam lebih dari Stockholm ya…Sweden itu cantik banget …ya beti ama Denmark sih 🙂 kamu pasti betah ..kapan ke Swedia?

          • Ulfarick
            October 24, 2016

            Semoga tahun depan mbak,semoga…

          • dewi
            October 24, 2016

            amiin 🙂

  52. Ditaa
    October 24, 2016

    Aku mah orangnya summer abis. Udah pernah tinggal di Belanda dan 5 taun di New York pun, tiap winter pasti kena winter blues. Sedih, manyun trus ujung2nya sakit. Tapi suka polar plunger, haha.. Pernah nyobain disini sama pas di Finland. Enak mbak, nyebur bentar 1 menit, kedinginan trus abis itu badan jadi hangat banget karena menyesuaikan sama suhu air. Kalo abis polar plunge, aku bisa jalan-jalan pake bikini ga kedinginan.

    Reply
    • dewi
      October 25, 2016

      Hello mbak Dita…di Finland ya tinggalnya? Aku ada plan main kesana, pengen jalan ke Lapland…:) kayaknya seru ….
      Samaan kita mbak, nggak suka dingin..bawaan mood sedih ya…..
      Polar plunge emang masuk ke wish list ku jadinya 🙂 kayaknya seruu 🙂

      Reply
      • Ditaa
        October 26, 2016

        Hi mbak Dewi. Sayangnya aku tinggal di New York nih, ga sedinginn Finland sih, tapi kadang winternya banyak salju dan dingiiinn… Yaeyalah namanya juga winter.

        Reply
        • dewi
          October 26, 2016

          Ha ha ha..winter yang sekedar dingin saja kayak Belanda ya, jarang banget ada saljunya

  53. rita dewi
    October 27, 2016

    Dan saya lalu bertanya2… apakah orang2 sana pernah kepikiran untuk pindah saja dari sana dan tinggal di wilayah lain yang lebih hangat?

    Reply
    • dewi
      October 29, 2016

      Sebagain ada yang pindah ke Denmark mbak Rita..tapi mereka memang tidak tahan dengan panas…suhu 20 derajat saja mereka sudah kepanasan 😀

      Reply
  54. Vera
    October 29, 2016

    Dewi..aha kabar mu? Sehat eda??Agak kaget liatnya.

    Reply
    • dewi
      October 29, 2016

      Sehat edaku sayang 🙂 Kabar baik eda…:D lucu ya kita jadi mar eda ria… 😀

      Reply
  55. fanny fristhika nila
    October 30, 2016

    dulu pas masih tinggal di finland, suami srg tuh mba, nyebur di danau dgn temen2nya pas winter :D.. hahahaha, aku ngilu bayanginnyaa…. eh, tp pertamakali ngerasain winter di berlin, aku lgs sukaaaaa banget :D.. krn memang ga suka panas yaa, makanya tiap kali liburan ke negara 4 musim, aku slalu milih saat winter.. ga prnh mau musim2 lain. tp pas ke berlin ama bulgaria dulu, aku rugi, krn winternya blm dingin2 banget.. jd saljupun tak ada :D.. ini february bsok mau ke jepang dan korea, aku berharap banget salju msh tebel trutama di daerah Shirakawa nya jepang. 😀

    ntr deh, aku mw bikin planning lg trip ke eropa truatam negara2 yg winternya extreme gini 😀

    Reply
    • dewi
      October 30, 2016

      Wah…yang mau ke Jepang..puas puasin makan ramen ya mbak Fan 😉 aku belum pernah kesana..pengen siih..hopefully one day ya..ceritaiun ntar gimana disana ya mbak 🙂

      Reply
  56. Joy Noventi
    November 1, 2016

    Hi Dewi….love….love….love ur blog!

    Reply
    • dewi
      November 1, 2016

      Thank you Joy..Im so glad you like it 🙂

      Reply
  57. Yulia
    November 11, 2016

    Aaaah aku ngebayanginnya bersin-bersin, Tapi semoga someday bisa liat salju dan aurora. Aamiin.

    Reply
    • dewi
      November 11, 2016

      Amiin…semoga ya mbak..walau bersin2 dijabanin deh demi aurora 🙂

      Reply
  58. saudagarmebel
    November 22, 2016

    wah mbak Alisnya kok sampe berwarna Putih, apa effek kedinginan yahh,,, Tapi mantap banget deh mbak Poto*nya…

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      Salju turun mas bro 😀 makanya putih semua…:D ha ha ha ha

      Reply
  59. sarah
    November 29, 2016

    Wuih Gilak ya, 8 bulan itu lebih dari setengah tahun kan? Jadi yang bisa liat matahari cuma 4 bulan dong ya? #dingin,brrr ngeri juga harga Matak nih ya, apakah mereka di kembangbiakan disini? Termasuk hewan langka kan ya.. Btw, aku heran kok komenku yang lama nggak ada ya? Padahal rasanya waktu itu sudah kukomenlah (seingatku habis si Yan komen)

    Reply
    • dewi
      November 29, 2016

      Komenmu banyak kulihat loh Sar..udah aku balesin juga 😀
      Iya cuma 4 bulan aja, makanya sekali summer jalan ke luar negri, terutama negara panas, trus berjemur biar mateng kulitnya 😀 ha ha ha
      Matak itu lemak ikan paus…:D

      Reply

Leave a Reply

Follow me on instagram

Back to Top
Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: