Ini dia fakta menarik tentang orang Denmark

Semenjak tinggal di Greenland, aku mengenal bagaimana budaya orang Denmark dari pergaulan sehari-hari dengan teman kerja yang orang Denmark di rumah sakit. Apalagi semenjak pindah dan tinggal di Denmark aku semakin sering melihat ada banyak karakter dan attitude positif yang aku kagumi dari orang Scandinavia ini.

Bersepeda kemana saja

Orang Denmark belajar naik sepeda dari usia dini. Hampir setiap orang Denmark bisa naik sepeda dan sepeda merupakan alat transportasi pertama mereka sebelum yang lainnya. Disetiap musim mereka naik sepeda, bahkan ketika salju, nggak ada alasan dingin atau licin. Selain menghemat, alasan yang paling sering aku dengar adalah kesehatan. Sejak tinggal disini aku rajin naik sepeda – terpaksa mah kalau yang ini 😄 Di Kopenhagen banyak keluarga kelas menengah yang tidak memiliki mobil. Mereka menggunakan sepeda untuk pergi bekerja, belanja, membawa anak-anak ke TK dll. 25% dari semua keluarga dengan dua anak di Kopenhagen memiliki sepeda. Bahkan beberapa top politicians naik sepeda setiap hari ke parlemen.

Faktor yang berperan meningkatkan orang Denmark bersepeda adalah adanya dukungan dari pemerintah yang menginginkan warganya bersepeda dengan membangun infrastruktur khusus untuk bikers, contohnya di kota-kota besar seperti Kopenhagen. Pengendara sepeda memiliki jalurnya sendiri, dan rutenya lebih pendek sehingga pekerja kantoran tiba dengan cepat ditempat kerja dibandingkan naik mobil dan bus, parkirnya juga gampang dan gratis, tidak seperti parkir mobil yang sulit dan mahal. Selain itu juga di tempat kerja disediakan kamar mandi untuk mandi sehingga badan bersih dan segar setelah bersepeda. Coba kalau begitu di Indonesia, pasti ceritanya akan berbeda.

dsc_6591-2a
Hati-hati ya mas πŸ™‚

Kopenhagen dipilih sebagai kota model untuk bersepeda dan dinobatkan sebagai kota sepeda pertama di dunia. Beberapa hal yang harus dipatuhi bikers di Denmark adalah, setiap pengendara harus memiliki lonceng pada stang, ini penting sekali untuk memperingatkan pengendara sepeda lain dan pejalan kaki bila kita ingin lewat lebih dulu. Bila bersepeda di waktu gelap, kita harus memiliki reflektor di pedal dan lampu di sisi depan dan belakang sepeda. Hal ini penting untuk diingat, ketika bersepeda di Denmark, kita harus tunduk pada peraturan lalu lintas. Peraturan ini juga berlaku untuk kendaraan bermotor dan jika melanggar siap-siap aja dapat kiriman denda kerumah, termasuk benda-benda kecil seperti lonceng dan lampu yang juga harus kita perlengkapi semuanya. Bila tidak dendanya antara 700 – 1000 dk atau sekitar 1,4 juta – 2,8 juta rupiah.

Parkiran sepeda yang rapi
Parkiran sepeda yang rapi

Menyebrang di zebra cross

Menyebrang di Denmark sangat menyenangkan dibandingkan di kampungku sana 😂 Di Denmark, di area traffic light orang-orang berdiri dan menunggu dengan sabar menunggu lampu hijau menyala. Tidak ada yang menerobos begitu saja ketika lampu merah, bahkan ketika jalanan sepi-pun aku melihat mereka setia menanti sampai lampu berganti ke hijau. Jangan sekali-kali melanggar, bila apes, dapat denda dari pak polisi. Kecuali ditempat seperti ini, di gambar bawah, ini tidak di traffic light lokasinya, jadi kita bisa segera menyebrang di area zebra crossnya. Bus, mobil dan sepeda motor akan berhenti dan mempersilahkan kita untuk lewat. So nice! 😊

Pedestrian crossing
Pedestrian crossing

Trust

Tetanggaku jualan jamur. Kalau mau beli, tinggal ambil dan letakkan uangnya di box.
Tetanggaku jualan jamur. Kalau mau beli, tinggal ambil dan letakkan uangnya di box.

Studi menunjukkan bahwa 79% orang Denmark percaya ‘hampir ke semua orang’. Denmark adalah negara yang angka korupsinya terendah di Uni Eropa. Denmark konsisten menduduki peringkat teratas sebagai negara paling tidak korup di dunia. Orang Denmark sangat percaya satu sama lain, sehingga mereka dengan nyaman membiarkan bayi mereka tidur di luar di dalam kereta bayi dan duduk dengan tenang di kafe untuk minum kopi atau makan siang. Contoh lainnya adalah di market, sayuran dan buah dibiarkan diluar. Mereka tidak khawatir ada yang mencuri. Emang masuk akal sih bila kita percaya pada orang-orang di sekitar kita, maka hidup kita terasa lebih nyaman. Kepercayaan ini tampaknya menjadi self-fulfilling prophecy, dengan kata lain rasa percaya yang kita berikan ke orang lain akan memberikan imbalan yang sama kepada diri kita.

Flag everywhere

Orang Denmark menggunakan bendera dalam berbagai acara. Mereka menaruh bendera kecil di depan rumah baik itu depan pintu maupun di taman, bila mereka mengadakan pesta ulang tahun Jadi kalau kita diundang sangat gampang menemukan rumah si pegundang. Dan mereka juga sering memakai serbet, piring kertas dan cangkir dengan design bendera di acara tersebut. Tidak itu saja, bahkan pada kue ulang tahunpun mereka taruh bendera-bendera kecil. Pemasangan bendera juga berlaku di bus-bus umum dihari ulang tahun dan pernikahan anggota kerajaan.

Bisa lihat bendera-bendera kecil di cake?
Bisa lihat bendera-bendera kecil di cake?

Malu bila berhutang

Merupakan suatu hal yang memalukan bagi orang Denmark untuk berhutang. Bila satu hari ada teman yang mentraktir minum, maka dilain kesempatan mereka akan melakukan hal serupa. “We simply can’t stand being indebted to others” kata suami menjelaskan padaku ketika teman baiknya mengajak kita minum di kafe dan dia tidak diberi kesempatan untuk membayar bill-nya. Itulah sebabnya mereka selalu membeli dan membayar bill mereka masing-masing. Aku tadinya udah senang banget dibayarin 😆 tapi harus buat date buat membalas yang kemaren. Akhirnya kita undang teman suami untuk makan bersama, aku masakin rendang pemirsah 😂, bir dibalas dengan rendang. Untungnya doyan.

dsc_7035a

Budaya antri

Entah itu di bank, toilet atau toko kelontong, mengantri adalah suatu kebiasaan yang selalu dilakukan orang Denmark. Dan mereka sangat sabar menanti sampai giliran mereka tiba.

Antri
Antri

Get “hygge” – baca hue-gah

Hygge tidak berasal dari bahasa Denmark tapi Norwegia, yang arti kakunya adalah kenyamanan, dalam bahasa Inggris “well-being.”  Hygge is a very Danish cultural concept, semacam ritual menikmati kesenangan hidup secara sederhana, yang dihubungan dengan teman, keluarga dan sanak familyOrang Denmark suka mengucapkan kalimat ini, yang artinya menikmati suasana yang hangat dengan orang-orang baik di sekitar kita. Hygge ini semacam sikap, filsafat hidup orang Denmark yang menghasilkan nilai-nilai hidup yang positif. Dan hygge ini relevan untuk negara di musim dingin menurutku. Duduk santai di depan tv, sambil menikmati secangkir teh, wedang jahe atau kopi. Orang Denmark suka mengundang kerabat atau teman untuk makan malam bersama, baik di rumah ataupun di restoran. Mungkin istilah hygge inilah mengapa orang Denmark dikategorikan orang yang paling bahagia di dunia 😉 Entahlah..

Let's hygge in a shop! ha ha ha..ini mah kalaaap..ada diskon ciint ;)
Let’s hygge in a shop! ha ha ha..ini mah kalaaap..ada diskon ciint πŸ˜‰

Danish manners

Ketika diundang makan dengan orang Denmark, acara makan dimulai ketika host atau nyonya rumah mengatakan, “VΓ¦rsgo og spis”, yang diterjemahkan sebagai “Silahkan dan makan!” Dan ketika selesai makan orang Denmark selalu mengatakan, “Tak for mad,” atau “Terima kasih untuk makanannya” sebelum meninggalkan meja. Hal ini berlaku walau makan makanan mereka sendiri, ini bentuk gratitude kepada yang memasak dan Tuhan.

“Livet mΓ₯ forstΓ₯s baglΓ¦ns, men mΓ₯ leves forlΓ¦ns.” – Life can only be understood backwards, but must be lived forwards 

-SΓΈren Kierkegaard.

163 thoughts on “Ini dia fakta menarik tentang orang Denmark”

  1. Dendanya lumayan banget haha, jangan-jangan mahalan dendanya ketimbang harga sepedanya.

    Jadi tinggal di negara paling bahagia sedunia itu begini rasanya ya mbak πŸ™‚

    1. Tergantung sepedanya juga Har..sepeda yg seken iya murah, Kalau baru lumayan jugalah biar awet…:)
      Untuk mencapai suatu kebahagiaan ternyata ada DISIPLIN yang diterapkan yak..

  2. Berarti saya mirip2 orang denmark ya.. scara saya naik sepeda kemana2 padahal sih emang gak berani naik motor dan blm berani nyetir mobil kayaknya saya emang cocok tinggal di sana hahaha…..

    1. Wah kalau udah biasa tinggal gampang aja ya mbak buat menyesuaikan… πŸ™‚ saya kebiasaanya naik angkot sama sepeda motor sih…

  3. Sepertinya hidup d Denmark ITU impian smua org y Kak,rs saling percaya aman n n yaman ITU susah d temukan,pokoknya negeri yg ideal banget buat tmpt tinggal,n klo udh spt ITU yg namanya perbedaan atau Ra’s ITU gak ada lg..

  4. How lucky you are to live in such a wonderful country. Semoga saja…semoga.. kapanpun itu..negara kita bisa jadi negara maju seperti disana.

    Sudah bbrp kali mampir disini tapi jd silent reader. Cerita2mu seru.

    Salam kenal dari Bekasi, eda Denmark

  5. Ciin itu yg pict zebra cross kursi roda untuk difabel ya? Pake mesin gitukah?
    Trus yang diskon itu kayanya sengaja dipasang ni biar mupeng buat belanja wkwkwwkk

  6. trus menatap diri sendiri. suka naik sepeda juga… sepeda motor, suka dibayarin teman…. huaaaaa. Jadi semangat diri sendiri untuk berbuat lebih baik lagi tanpa alasan, dimanapun. harus bisa nerapin semua hal ini.

    thank you mbak fo share……

  7. katanya denmark merupakan negara dengan indeks kebahagiaan tertinggi ya mbak….kebalikan ma Indonesia, indonesia malah kemana2 bawa mobil ya mbak…sebagiann karena prestise

    1. Menurut search sih begitu. Bukan berarti tidak ada masalah ya..tapi orang Denmark memang sangat menikmati hidup dengan gaya hidup mereka yang menarik itu.

  8. Yang sepeda, sama dengan orang Belanda. Bahkan fashion orang2 yang naik sepeda ini luar biasa. Mau pakai rok mini pendek, blazer lengkap, dandanan super lengkap, mereka santai aja naik sepeda. Perdana mentrinya saja kalau ngantor naik sepeda. Aku tahun kemaren masih setengah hati naik sepeda, sering mengutuk angin di Belanda yang super kencang plus cuaca yang bisa berganti 4 musim dalam sehari. Tapi tahun ini sudah terbiasa.Ke tempat kerja PP 23km sehari plus angin dan hujanpun sudah tidak mengutuk lagi haha. Sudah menikmati enaknya bersepeda.

    1. Sama mbak Denal..aku juga belum terbiasa banget naik sepeda, apalagi kalau melawan angin arusnya..duuuh berat banget buat ngayuh sepedanya…Pelan-pelan terbisa..malu sama oma-oma disini yang tetap energik

    2. Salut sama mbak Denny, 23km sehari genjot sepeda. Btw, temenku (IRT) di Belanda juga gitu. Kemana mana naik sepeda, ngantar anak sekolah pake sepeda, belanja pake sepeda. Dengan bersepeda, polusi udara karena kendaraan bermotor jadi berkurang.

        1. Duh, Dew sapa sih yag nggak pengen jalan ke sana..? Aku mah mau kali kesana #pakebanget hanya mikirin ongkos terbang dari Pekanbaru ke Greenland bikin perut mules #hiks maklum status buruh nggak jelas. Semoga suatu saat bisa maen kesana, menang undian #hahaha.. Btw, kok sekarang balik susah lagi nih nulis komen. Makanya nebeng after Denny nih.

        2. Loh kok bisa Sar….mungkin harus pake lepi kali πŸ™‚ Iya..kalau ada rejeki mampir ya..aku senang banget kalau anak blogger bisa ketemuan:)

  9. Budaya antri, jujur, disiplin, itu ke apa susah bgt diajarin ke org2 negri sendiri ini ya mbak.. Aku paling gedhek kalo ngeliat org nyerobot antrian, yg ga disiplin, apalagi yg suka ngutang.. Duuuhh ga tau deh di mana salahnya.. Apa keluarga yg ga ngajarin, ato keikut ama org2 sekitarnya :(.

    Beruntungnya dirimu bisa tinggal di sana

    1. Budaya sih mbak ..itu yang aku percaya..sesuatu yang sudah ditanam dari kecil dan orang sekitar yang juga sepemahaman membuat kebiasaan tersebut menjadi habit. Mereka kenalnya hanya mana yang baik dan yang salah, bukan dosa atau tidak..

  10. Aah, mupeeeng!

    Dulu waktu tinggal di Surabaya selamat 2 tahun aku nyaris setiap hari naik sepeda ke kantor, tapi balik ke Jakarta nggak berani :D. Padahal kan cuaca di Surabaya lebih panas ketimbang di Jakarta ya..

    Tapi budaya ngantri sih memang di negara-negara maju tiada duanya ya πŸ™‚

    1. Iya ..negara tetangga kita kayak Malaysia, Singapur dan Thailand aja udah rapi banget kalau masalah antri. Dikita yang masih harus diasah lagi yak..

  11. Indonesia pun sebetulnya masih banget norma norma ketimuran yang masih melekat dan dilestarikan ya mba Dewi. Tapi ya tetap saja ada yang masih bandel nggak mau ngantri, nggak mau nyebrang di zebra cross :p

  12. nice info bnaget mba…

    Danish Mannernya juga perlu ditiru ya, meski dalam bahasa yang berbeda… llau ada budaya antri, percaya, itu sekarang sedang digalakan lagi ya di Indonesia

  13. Dew pernah ada kasus kehilangan sepeda ga?. Di kotaku sini ada aja yg kehilangan sepeda walau sdh di kunci loh. Jd yg kehilangan bikin kertas pengumuman gitu.
    Oh ya klo di tanah air jualan cuma ditaruh aja ga ditungguin pasti laris manis tapi duitnya ga ada yg kasih kali ya haha, klo di Jerman ladang bunga juga ada yg model masukin duit sendiri gitu.

    1. Nggak hanya sepeda kak, scooter juga sering hilang walau udah dikunci. Lagi2 mereka itu pelakunya. Ha ha ha kalau di Indonesia, pantang nggak ada yg lihat, langsung disikat πŸ˜€

  14. Enak banget kayaknya tinggal disana mbak
    Udaranya bersih, secara warganya sadar kesehatan banget, kemana2 naik sepeda. Kapan ya Bogoe bisa begitu juga

    1. Iya..suka amaza sama cara berpikir orang sini..nggak buang sampah sembarangan..rajin berkebun..pohon pohon dibiarkan dan tidak asal ditebangi..padahal udah sejuk jadi tambah sejuk…

  15. wah hebat ada budaya bersepedanya. sisi positifnya juga bisa membuat udara tidak tercemar polusi asap kendaraan. tapi saya baru tahu loh kalau orang denmark itu punya kebiasaan yang menakjubkan seperti tidak korupsi dan percaya satu sama lain. plus apalagi jadi membuat orang denmark termasuk orang bahagia di dunia. ini informasi baru bagi saya.

    1. Iya kak…banyak hal baik yang bisa dipelajari dari orang Denmark ini, tapi dibalik itu mereka pekerja keras dan disiplin..ada harga yang dibayar lah..

  16. Aku baca ini jadi inget pas di Jepang kak. Hihi mirip2 lah ya walau mungkin angka pengguna sepedanya jauh sedikit. Tapi manner dan ketertibannya jempolan. Semoga bisa melihat langsung ke denmark!

    1. Iya ya..mannernya orang Jepang juga jempolan banget..salut lah..sudah waktunya manner orang Indonesia juga diperbaiki..biar lebih baiklah

  17. Saya sdh dua kali ke denmark, paling suka sih budaya antrenya. Kemana-mana ngak takut di sikut orang. Suatu hari saya naik bis, ada ibu-ibu tua naik di shelter depan, ternyata ada jg anak muda kece yg rela berdiri demi ksh duduk buat si ibu. Kyk orang asia juga ya sopan2 hehehhe

  18. Dari kecil orang Denmark diajarin apa sih mbaaa? Bisa teratur, rapi, disiplin, gak korup pun… Seneng bgt liatnya.. Semogaaa negara kita jg bisa yah.. Btw itu tetanggamu yg jual jamur cantik banget mba bunga2nyaa.. hihi *salahfokus πŸ˜€

  19. aku punya teman Indonesia yang tinggal di Denmark, sudah 3 tahun lost contact biasanya dia suka nelfon dan cerita tentang Denmark…huhuhu mudah2an suatu saat bisa kesana yaaa

  20. Saya tinggal di Jogja, yang konon kota sepeda (dulunyaa sihh), dan sehari-hari saya bersepeda (jika tujuan bepergiannya masih masuk akal untuk ditempuh dengan sepeda); eetapiii….saya tak merasakan kenyamanan di jalan. Sepeda motor dan mobil semena-menan, teruuuss, hinaan tetangga ya adaaa saja… katanya, “Kok cuma naik sepeda? Kenapa enggak kredit motor saja?” hiyaaaa…jadi ingiiinn tinggal di Denmark

    1. Oh iya ya..dulu di Ygy rame org sepedaan..masih suka lihat disekitar kampus tapi πŸ˜€ ha ha ha..skrg dimana mana ya didominasi motor..bikin polusi dan penyakit…

  21. salut sama kepatuhan mereka terhadap lalu lintas, beda banget sama di indonesia khususnya di daerah saya. kalo di sini, saat jalan sedang sunyi, pengendara akan tetap melaju walau lampu lalu lintasnya berwarna merah, hihihi *tertawa miris*

  22. Dendanya ajib ya mbak, berasa bener hahahaa tapi di Bandung juga sekarang sudah mulai diberlakukan bike for work, yang bahkan pak walikotanya sendiri di hari tertentu menggunakan sepeda untuk keliling tapi infrastrukturnya ga mumpuni, akhirnya pada males deh sepedaan lagi.

    Kayaknya enak banget ya mba tinggal disana, salut sama kepatuhan dan tingkat percaya disana, ga heran jadi negara yang plaing bahagia ☺️

  23. Mbaaaaak foto featured image-mu itu bikin aku -aaakkk-, secara sukak banget lihat rumah bergaya Eropa gitu. *duh ndeso mulai keluar hahahaha
    Ish, aku baru tau kalo orang Denmark sebaik ini, ya. Sangat menjunjung tinggi nasionalisme, budaya yang santun, mengantri, how to enjoying life, hingga cara hidup sehat. Well. kayaknya mesti merevisi bucket list traveling, Denmark harus dimasukin!

    Aku takjub banget sama yang jualan itu, bener-bener ‘menantang’ kejujuran ya. Salut.

    Senang bangeet bisa baca kayak gini mba. Sering share yaaa.. :*

    1. Mbak Ranny..aku hari hari ini nyariin kamu..senang deh dapat kunjungan darimu ..beneran loh πŸ™‚ Main sini ya kalau ada rejeki ya..Biar kt bisa belajar dari orang bule ini dan mungkin kita bisa ajarkan ke keluarga terdekat kita πŸ™‚

  24. Enak pisan ya hidup di negara teratur. Saya suka tuh dengan kegiatan sepedaan itu: kerja pakai sepeda, ke pasar pakai sepeda, dll. Kerennya politikus pun pakai sepeda kalo gawe, hal yang tak akan ditemui pada politikus Indonesia. Acara yang akan meningkatkan popularitas, politikus Indonesia rela sepedaan, jogging, lari, dan main bal-balan.

    Untuk keteraturan kudu ikut aturan. Sip.

  25. Saking apanya itu orang yg menggunakan kursi roda aja berani pergi sendirian, kalo bukan jalanan yang nyaman. Berikut penggunanya, saluuut banget! Tfs Mba.

    1. Budaya percaya ini yang sudah memudar di negara kita ya…dikit2 rusuh πŸ˜€ wkwk kebanyakan nonton sinetron πŸ˜€

  26. Ah.. cerita segar lagi dari Mbak Dewi, that trust thing Mba.. bagaimana dengan angka kemiskinan di sana? (ini antara malas googling sama pengen dengar ceritanya langsung).
    Siapa tahu ada banyak hal lagi yang bisa kita pelajari dari cara Denmark menanganinya..

    Ohiya.. bicara Denmark saya selalu teringat Jan O Joergensen dan Christinna Pedersen. πŸ˜€

    1. Disini nggak ada orang miskin mbak..yang ada orang malas. Karena yang pengangguran dikasih bantuan perbulannya..klau dirupiahkan banyak banget..Ekonomi Denmark masih kuat mbak..

  27. kayaknya untuk bisa hidup di negara paling bahagia itu gak gampang ya, harus disiplin dan patuh pada aturan.
    jadi bahagia itu tidak sederhana dong mba ? hehe

  28. Waah kereeen

    Andai di jakarta bisa sepedahan kemana mana wkwkw

    Andai juga di jakarta ada makanan begitu , tapi ga habis tanpa ada yang bayar.

    Andaaiii πŸ˜€

  29. semua yang dilakukan dan telah membudaya bagi orang denmark, semuanya bisa dilakukan oleh orang Inonesia, tapi kenapa sangat jarang orang kita seperti kebiasan orang denmark tersebut ya?
    salah makanannya kali mah ya?….manusia yang makannya nasi emang begini sih….(sambil menunjuk hidungku sendiri)

    1. πŸ˜€ wkwkwk..Ntahlah mas..pendidikan karakter harus diterapkan sejak dini kayaknya..biar kita kembali menjadi bangsa yang terkenal bermoral …

  30. Semoga suatu hari nanti Indonesia bisa meniru hal-hal baik kek gini dari Denmark, terutama kejujuran sama budaya antrinya itu ya mba πŸ™‚

  31. Senang baca cerita2nya, mba. Jadi banyak tau ttg Denmark. Btw orang celamitan dan tukang ngutang ga bisa mah ya tinggal di sana Beer vs rendang ya mahalan rendang karena chef-nya diimpor dari lintas benua

      1. Have a safe flight then ^.^)/
        tapi kita tetap tidak boleh meninggalkan khazanah budaya kita juga kan ya xD orang Indonesia kan baik juga xDDD

  32. cuma karena nggak ada lonceng dan lampu itu sepeda kena denda seharga sepeda baru di indonesia? hiks..

    btw, kk yang pake jilbab itu ehem ehem ehem #bandotDetected πŸ˜€

  33. hal-hal positif dari kebudayaan dan kebiasaan orang asing seperti inilah yang perlu kita adopsi agar menjadi kebiasaan yang baru menggantikan sesuatu yang dirasa kurang baik. Denmark, selalu teringat tentang bulutangkis dan roti (kue) hehehe

    1. Bener mas Hen…karakter org Denmark yg aku sebut disini inilah yg membuat negara mereka selalu menduduki peringkat pertama dalam banyak hal. Bermimpi negara kita bisa maju ya…ntah kapan…..
      Kamu tau roti Denmark yang mana?

  34. Senang bersepeda, negara paling bahagia, malu kalau punya hutang, gemar bendera, antri adalah budaya dan bisa dipercaya.
    Senang banget ya dikelilingi aura-aura positif begini.

    Pantesan dirimu kian menginspirasi lewat karya dan ekspresi.

    So blessed to have friend like you…

  35. Saya suka sekali mengamati kebiasaan bagus negara lain. Pasti ada sesuatu yang bermanfaat untuk dipelajari. Untuk orang pengangguran di Denmark perlakuan pemerintah bagaimana ya mba? Makasih sudah berbagi cerita

    1. Ada 2 sih, kalau kita ada arusansi maka ketika menganggur, asuransi ngasih tiap bulan, dan bagi yg tidak ada asuransi dapat bantuan, atau istilahnya kontanhjΓ¦lp-bantuan kontan gitu mbak πŸ™‚

  36. Orang Denmark menarik tapi kalo nggak suka sama aku ya gak jadi menarik hahaha. Pengen baca sejarah Denmark mbak biar lebih menghayati, nanti aku mau searching soalnya aku nggak punya buku2 sejarah dan antropologi ahay berat amat bahasan ini

    1. Cee..kelihatan banget kamu pinter ya…guru gitu loh …. πŸ˜‰ kayaknya kamu harus kesini deh Na biar nemu yang pas πŸ˜‰

  37. kopenhagen memang terkenal sebagai kota yang bicycle friendly … jadi pengen suatu waktu sesepedahan di sana .. tapi harus tertib ya .. sepeda aja bisa kena tilang ..hehehe
    banyak budaya yang seharusnya di tiru Indonesia ya … terutama budaya antri … terutama di lalu lintas … biasa disini main serobot πŸ˜€

    1. Iya, kamu harus coba itu bersepeda di Copenhagen..pasti seru banget..tapiii hati2 ya….orang Denmark bawa sepedanya disana kenceng-kenceng banget…aku laitnya seram banget

    1. iya…pemda belum ada niat ya mikirin gimana suatu kota itu jadi tempat yang nyaman buat pejalan kaki sama pengendara sepeda

  38. Tolong kasih saran dong kak, aku sekarang punya teman dekat orang denmark, kita baru saling kenal dan dia sudah mau melamar. gimana caranya mengetahui kalau dia benar-benar mencintai saya πŸ˜€

  39. Indonesia memang ga seteratur dan setentram Denmark, tapi justru disitulah tantangannya, gimna caranya bisa struggle dan survive di Indonesia yang hmm…ya begitulah…hehehe…Btw klo ditempatku di Semarang, yg bikin aku ogah buat sepedaan adalah struktur kotanya yg gak rata dan cuacanya yg panas euy…

    1. Negara kita terlalu complex…karakter orangny terutama..duuuh susah diatur..sampe disini terkaget2 dengan kedisiplinan warga Denmark ini..

        1. Aku pernah ngobrol sama perawat Swedia pas internship disana…dia kapok ke Indonesia katanya, terutama Medan..mak jleb…itu kampung halamanku…katanya tukang taxi sama penjaja buahnya curang..dia kena tipu… πŸ™ yang kek gini yang bikin nama Indonesia buruk..mana pas dia cerita banyak perawat2 lain di situ..aku cuma bisa malu

          1. Ya ampun mba…ga kebayang kui nek aku jd km pasti malu bgt. Hu um, klo bule ke Indonesia ketemu yg org jahat mcam begitu yo apesnya dia sbnrnya…mirisnya emang bnyk yg nge-spam bule2 di Indonesia…eh tp msh mending sih di negara kita, ktnya di India lbh parah lg.

  40. Halo mbak Dewi, salam kenal ya πŸ˜‰
    saya mupeng sama gambar rumah di atas. Punya rumah ala ala skandiv impian banget nih. haha. Pernah posting soal rumah sakndiv gini ga mbak? Mau saya intipin πŸ˜€
    Btw, foto fotonya mbak Dewi cakep semua.

    1. Hello juga mbak Nana πŸ™‚
      Belum saya liput mba..masih di kumpulin ceritanya..saya nunggu spring atau summer ..biar pas cuaca cerah..:)
      Makasih buat pujiannya ya mba Nana πŸ™‚ dan terima kasih sudah berkunjung πŸ™‚

  41. Fidiya Sharadeba

    Aku sukaaa banget blog-mu mbaa.. mau aku baca semuanya ini Dulu sempat bingung pas jalan2 ama temen dari Denmark, ini erika bayarnya gimana. Nah, sekarang terjawab Keep writing…i keep kepo-ing Btw salam kenal ya. Hehee

  42. Pacarku dari Denmark dan hampir semua infonya benar kata dia tapi disana sebenarnya juga rawan banget kasus kejahatan just info aja… tulisannya enak di nikmati…

    1. Hello Mika, thanks ya sudah mampir dan salam kenal….

      Iya…akhir-akhir ini ada kriminal ..tapi tidak sering πŸ™‚

  43. Enak sekali ulasannya mba Dewi..
    Jadi makin penasaran dengan denmark..
    Semoga dalam waktu dekat bisa berkunjung…
    Salam kenal

  44. RIZKY PRATAMI AGUSTINE

    Mbak Dewi salam kenal yaa, saya baru baca tulisan ini setelah saya baca mengenai Greenland. Supeeer sekali yaaaa. seruuu jadi pengeen kesanaa.

Comments are closed.

Scroll to Top