Blog

Mengurus izin tinggal di Denmark
February 28, 2017 by dewi In Blog 94 Comments

Hip hip hurraa.!! 🍾 🎉 Rasanya lega banget ketika suami memberitahukan residence permit atau izin tinggalku sudah diapproved. Residence permit ini adalah izin tinggal yang diberikan secara legal oleh suatu negara yang berwenang dalam tempo waktu tertentu, misalnya 2 tahun, dan selanjutnya nanti bisa diperpanjang. Si pemegang izin tinggal diperbolehkan untuk bekerja dan mendapat akses gratis berobat ke rumah sakit. Setelah menunggu 5 bulan hampir 6 sih, akhirnya surat sakti itu keluar. Tadinya di Greenland kita ingin apply dari sana, biar sampai di Denmark bisa langsung punya izin buat bekerja. Tapi pihak kantor polisi di Nuuk mengatakan kalau peralatan biometric mereka tidak ada. Jadilah semuanya dilakukan ketika kita sudah masuk di wilayah Denmark. Sayangnya, ketika itu peraturan imigrasi baru saja diperbaharui, harus BERBAYAR. Yang tadinya gratis, kita harus keluarkan 6000 kr atau sekitar 12 juta rupiah – dan ini fee tahun lalu. Untuk tahun 2017 sudah naik menjadi 6300 kr atau 845 Euro. Duh pusing deh, setiap tahun semua fee naik. Izin tinggal yang  aku pakai selama di Greenland, tidak bisa aku lanjutkan untuk dipakai di Denmark, walau Denmark dan Greenland masih memiliki sistem yang sama. Jadinya harus urus dari awal lagi seperti ketika pertama kali hendak ke Greenland. Sebelum pindah dan tinggal di Greenland, aku mengurus […]

Read More
Jalan-jalan ke kuburan di Denmark
February 11, 2017 by dewi In Blog, Uncategorized 167 Comments

Kurang kerjaan cint? Ngapain pula jalan-jalan ke kuburan? 😆 Jangan takut dulu, kuburan di Denmark itu nggak seseram kuburan yang biasa kita lihat di kampung halaman. Dari beberapa negara yang pernah aku datangi di Eropa, jalan-jalan ke kuburan itu menarik sekali dan jauh dari penampakan seram. Malah kesannya nyaman. Ya, kalau malam dan gelap tetap aja seram sih ya. Apalagi kalau habis nonton pelem horor. Mikirnya pasti muncul hantu sundel bolong, tuyul dan staf-stafnya lagi arisan bulanan 😄 Waktu aku diajak Mak mertua buat membersihkan kuburan suaminya, aku senang banget. Ya biasa, biar sekalian ada yang dipotret getoh 🙃 Asal jangan ada penampakan yak ha ha ha..Mertua bilang, sebisanya dia berkunjung ke kuburan suaminya setahun dua kali. Kuburan di Denmark itu biasanya terletak di pekarangan gereja yang dilengkapi dengan chapel kecil yang digunakan untuk upacara penguburan. Ketika Bapak mertua meninggal 16 tahun yang lalu, ibu mertua memesan lahan yang kosong di samping kuburan suaminya. Jadi nantinya ketika dia meninggal, sudah ada tempat dan kita anak-anaknya akan menguburkannya disitu. Di Denmark ketika ada yang meninggal dunia, maka berita tersebut akan dilaporkan ke kantor catatan sipil. Orang Denmark boleh memilih mau dikuburkan di pekuburan umum atau di sekitar gereja. Ini berlaku untuk semua agama. Jadi tidak hanya yang bergama Kristen saja yang […]

Read More
Ribetnya mengurus dokumen untuk menikah dengan WNA – Denmark
February 01, 2017 by dewi In Blog 161 Comments

Menikah dengan bule itu ribet banget urusan birokrasinya. Belum lagi dana yang dikeluarkan. Lelah hayati ciint…😆 Eits..atas nama cinta harus semangat! Untungnya waktu itu, seluruh keluargaku membantu untuk mempersiapkan semua dokumen-dokumen apa saja yang dibutuhkan. Terutama Bapak, lega doi 🙃 ha ha ha…setelah 11 tahun pacaran, akhirnya anaknya menikah. Memang benar, menikah di Denmark itu gampang dan simpel banget. Yang dari Jerman, juga banyak memilih untuk menikah disini. Teman-teman yang beda agama juga biasanya memilih untuk menikah di luar ketimbang di Indonesia. Aku sendiri memilih untuk menikah sipil di Greenland ketika suami bertugas di sana. Note: Denmark dan Greenland memiliki peraturan yang sama. Kenapa di luar, kok tidak di Indonesia? Alasannya karena masa cuti calon suami tidak banyak. Jadi dia tidak bisa bolak balik ambil libur. Waktu cutinya akan dipakai untuk pesta pernikahan kita di Indonesia. Karena akunya yang lebih fleksibel, maka akulah yang berangkat ke Nuuk. Jadi kita melakukan pernikahan sipil di Greenland, kemudian menikah dan diberkati di gereja di Indonesia. Di Nuuk kita melaksanakan pernikahan sipil di kantor balai kota atau disebut Kommune dan dinikahkan oleh pejabat negara. Selain alasan itu, kita juga maunya setelah menikah langsung hidup bersama. Alasannya lebay banget ya 😆 Karena pastinya pengurusan ijin tinggal itu lama banget. Pengalamanku 5 bulan. Ya […]

Read More
Ketika kumpul kebo menjadi pilihan
January 25, 2017 by dewi In Blog 249 Comments

“What! Kamu sudah tinggal bareng pacarmu?” tanyaku tak percaya pada teman baruku disini. Dia adalah seorang perempuan muda yang kukenal dan seorang Muslimah yang taat. Jujur aku sedih dan kaget 😔 Entah kenapa. Aku sudah menyukainya sebagai seorang teman. Urusan pilihan hidup itu hak pribadi seseorang, yang aku sayangkan adalah dia masih muda sekali, 19 tahun! Dan dia baru saja pindah dari negara perang Suriah. Tiba-tiba dia memutuskan hidup bersama pria yang baru dia kenal. Aku menyayangkan karena dia bisa sekolah apa saja sesuai kemampuannya. Pemerintah Denmark mensupport mimpinya bila ia ingin sekolah. Sesuatu yang dia tidak bisa dapatkan dari negara asalnya. Pertama kali bertemu, dia sangat semangat bertanya bagaimana menjadi seorang perawat. Dia beberapa kali mengontakku dan mengatakan dia sangat bahagia hidup bersama dengan pacarnya. Dia memintaku merahasiakan statusnya, karena kepada teman Suriah lainnya dia mengaku sudah menikah. Aku semakin kaget dengan apa yang dia lakukan. Bukankah itu suatu penipuan ya? Dia bahkan menjelaskan kalau dia ingin dipandang sebagai Islam yang taat. But?? Laki-laki yang hidup bersamanya itu bukan orang Denmark, tapi sesama pengungsi dari Suriah juga yang tinggal dikota lain, sekitar 3 jam dari sini. Kemaren sore dia menghubungi kalau dia kena tegur Pemda karena sebagai seorang pengungsi dia harus tinggal […]

Read More
Cerita dibalik baju tradisional orang Greenland
January 19, 2017 by dewi In Blog 137 Comments

Hello pembaca blogku yang keceh-keceh! 😍 Kali ini aku akan membawa kalian semua ke Greenland dengan menceritakan kekagumanku akan budaya orang Inuit ini. Selama tinggal disana, aku melihat, kalau orang Greenland itu sangat bangga akan budaya yang diwariskan neneng moyang mereka. Dari pakaian, makanan sampai bahasa. Rata-rata orang Greenland bisa berbicara dengan 2 bahasa yaitu bahasa Denmark dan Greenland, terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Orang Greenland sendiri menggunakan bahasa Denmark sebagai bahasa kedua mereka. Karena selain bahasa Greenland, bahasa Denmark juga dipakai sebagai bahasa resmi yang dipakai di area kantor, sekolah dan pemerintahan. Untuk di rumah dan sehari-hari mereka selalu menggunakan bahasa Greenland. Aku kagum sekali dengan beberapa teman kerja di rumah sakit yang bisa berbahasa Greenland dan Denmark dengan aksen yang kental. Ketika mereka menggunakan bahasa Denmark mereka berbicara dengan aksen khas Denmark, begitu juga dengan bahasa Greenland. Dan ada beberapa yang lancar berbahasa Inggris. Ah.. aku iri sekali. Rasanya keren banget bisa berkomunikasi dengan berbagai bahasa. Dan memang, menurut American Psychiatric Association orang yang bilingual itu adalah orang-orang yang cerdas, gampang bergaul, dan umumnya lebih toleran terhadap budaya orang lain daripada yang monolingual. Orang Greenland sangat senang bila aku berbicara bahasa Greenland dengan mereka, walaupun pengucapanku tidak pas. Ketika […]

Read More
Kado Dari Mertua: Berlibur ke Rhodes, Yunani
January 13, 2017 by dewi In Blog 189 Comments

Musim panas tahun lalu, ketika kita baru saja pindah dari Nuuk ke Denmark, mertua menawarkan tiket berlibur. Aku excited banget mendengar tawaran ini. Secepat kilat aku cek paket-paket wisata yang ditawarkan oleh agen tour. Jangan sampai doi berubah pikiran. Gerilya bangetlah pokoknya 😄 ha ha ha.. Kita maunya selain tiket, hotel juga include di paket tour tersebut. Mumpung cost-nya ditanggung mertua gitu loh 😂 Kesempatan ini harus dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya, hi hi hi.. Akhirnya kita memilih paket All inclusive ke Rhodes dari sebuah agen tour. Paket all in ini sudah termasuk hotel, tiket, makan tiga kali sehari dan minum sepuasnya. Tersedia juga coke, soda water, bir dan red wine, Mochitos nggak masuk dalam list, mesti bayar mah kalau yang ini 😉 Selama liburan udah tenanglah. Dari Aalborg kita terbang selama empat jam ke Rhodos dengan Scandinavian Airlines. Kita memang sengaja perginya sebelum high season, biar tidak terlalu crowded. Dan emang, kalau liburan ke Yunani itu enaknya jangan pas lagi musim libur. Waktu ke Santorini dulu, kita berangkatnya di bulan Agustus. Panas banget, lautan manusia dimana-mana dan harga-harga pada mahal. Kalau kamu sedang merancang liburan musim panas buat tahun ini, mungkin ke Rhodes bisa menjadi pilihan yang menarik. Rhodes terletak sangat dekat dengan Turki. Kita bisa […]

Read More
Asyiknya berbelanja di Denmark
January 07, 2017 by dewi In Blog 179 Comments

Shopping di negara Scandinavia sudah terkenal dengan mahalnya. Setelah Norwegia, Denmark menduduki urutan kedua. Dari mulai harga makanan, pakaian, transportasi sampai penginapan. Bagi yang suka shopping pasti maunya beli yang kekinian, yang branded. Orang Denmark sangat suka memakai rancangan designer terkenal kayak merek Samsøe Samsøe, Designers Remix atau Malene Birger. Tapi brands Danish designer ini harganya sangat teramat mahal menurutku. Untuk 1 sweater wol merek Malene Bierger contohnya dibandrol 4 juta, tas sandang seharga 4-7 jutaan. Sebagai orang kayah yang suka menabung 😆 manalah aku mau “menghamburkan” uang untuk kebutuhan pamer sekunder kayak gitu. Tapiii jangan tanya apa aku menolak bila ada SALE? Tentu saja tidak! 😜 Lah mana ada sih wanita yang menolak barang diskon. Sekuat apapun iman wanita itu, pasti tergoda juga. Iya nggak sih ciint 😄 Teman-teman traveler suka mengeluhkan tentang mahalnya harga barang di Denmark. Tapi kalau mau cari barang murah di Denmark itu ada, asal musimnya tepat. Kapan? Nih lists-nya: 1.Black Friday When: Setiap tanggal 23 November. Beberapa perusahaan online memberikan diskon Black Friday sampai seminggu loh. Diskon yang ditawarkan sekitar 30-50 %. Orang Denmark sangat menantikan moment diskon ini. Bulan November lalu minat pembeli di hari diskon BF ini mengalami peningkatan yang tajam. Dari mulai pakaian, sampai barang-barang elektronik. 2.Summer sale When: Dari bulan Juni sampai Agustus. 3.After New Year Sale […]

Read More

Follow me on instagram

Back to Top
Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: