Ini alasannya kenapa kamu harus ke Greenland

November 19, 2016 by dewi in Blog 147 comments
Ini alasannya kenapa kamu harus ke Greenland

“Ngapain jauh-jauh ke Greenland!”. Eit tunggu dulu mas bro, jeng sis. Aku akan ceritakan kenapa kamu harus mengunjungi negara ini. Greenland dulunya nggak pernah ada dalam list jalan-jalanku. Terbersit pun tidak pernah buat traveling ke daerah kutub ini. Bagi yang belum membaca kisah sebelumnya tentang kepindahanku kesana, monggo dibaca di AKU KE GREENLAND. Dan dari pengalaman tinggal di Greenland inilah, aku sangat merekomendasikan untuk berkunjung ke negara luar biasa ini. Selama disana, baru sekali ketemu turis dari Indonesia, seorang cewek asal Jakarta. Sangkin senangnya dia minta menginap di rumahku walau tidur di sofa, padahal dia sudah ada kamar di hostelnya.

Kalau dipeta Greenland itu warnanya putih, bukan hijau. Dia pulau terbesar di dunia dan dinginnya benar-benar extreme. Kalau kamu pengen jalan-jalan ketempat yang nggak biasa, mungkin Greenland adalah jawabannya. Apalagi kalau kamu ngakunya seorang traveler yang suka tantangan, maka kamu harus berkunjung ke Greenland. Emang mahal sih buat ngetrip kesana, but it is worth every penny! 

a-house-in-tiniteqilaaq-with-the-view-over-sermilik-icefjord-in-east-greenland

Pemandangan dengan bongkahan es. Photo credit: Mads Phil, Visit Greenland

Pake visa apa ke Greenland?

Greenland tidak termasuk negara schengen dan EU, walaupun masih bagian dari Denmark, jadi harus apply khusus untuk Greenland. Untuk pemegang paspor Indonesia, harus mengajukan visa schengen tapi harus di kedutaan Denmark. Nanti pada saat apply, tulis Greenland di form visa schengen di kolom ‘member of states’. Pada visa schengen yang ditempel di paspor akan ada tambahan keterangan ‘VALID FOR GREENLAND’.

Bagaimana caranya ke Greenland?

Ada 2 yaitu dari Denmark dan Iceland. Kalau dari Denmark, kita akan transit lebih dulu di Kangerlussuaq, setelah itu lanjut terbang ke daerah yang kita tuju. Contohnya ke Nuuk. Dari Kangerlussuaq sekitar 1 jam penerbangan ke Nuuk. Untuk saat ini hanya ada 1 penerbangan ke Greenland dari Denmark, yaitu Greenland Air.  Mana yang lebih murah? Tergantung season sih menurutku, dan harga tiket pesawat fluktuatif setiap waktu. Mari kita bandingkan. Aku contohkan harga tiket ke Illulisat. Tiket pesawat dari Denmark ke Illulisat return 6.547 DK atau sekitar 12 juta rupiah. Sedangkan perbandingannya kalau dari Iceland ke Illulisat harga tiket dengan Air Iceland adalah 1.217 € sekitar 17 juta. Gila mahalnya!. Pernah ada yang murah sekitar 6 juta sebulan yang lalu, dan ini sangat jarang. Selama aku di Greenland belum pernah ada harga promo, makanya aku belum pernah ke Iceland 😝 Tapi tiket dari Denmark ke Iceland terbilang murah dengan Wow Air, harga promo one way sekitar 1 juta.

an-air-greenland-bell-212-helicopter-approaching-a-landing-site-near-the-ilulissat-ice-fjord-in-greenland

Ke beberapa tempat di Greenland hanya bisa dengan helicopter. Photo credit: Mads Phil, VG

Kapan waktu yang tepat ke Greenland?

Tergantung apa yang mau dilihat. Di musim panas kita akan menikmati sajian MIDNIGHT SUN dibulan May, Juni, dan Juli. Matahari terbit pukul 3 pagi dan tenggelam pukul 23.30. Ini musim yang paling aku suka dan tentunya seluruh penduduk Greenland. Di musim ini, kita bisa pergi berlayar dan menikmati pemandangan ikan paus diantara bongkahan es. Bahkan kita masih bisa memancing dilaut sampai pukul 23 dengan terang dari matahari yang masih awet. Luar biasa bukan. Hal yang tidak bisa kita temukan di tanah air.

buildings-in-nuuk-with-the-mountain-sermitsiaq-in-the-background-at-sunset-in-greenland

Sunset pukul 23.00 di Nuuk dengan pemandangan gunung Sermitsiaq. Credit: Mads Phil, VG

Nah dimusim dingin, beda lagi ceritanya. Dimusim ini kebalikan dari musim panas. Hari menjadi sangat pendek dan gelap. Salju turun dari bulan September sampai awal Mei. Cuaca dingin sampai minus 40 derajat. Aku tidak menyarankan datang ke Greenland di bulan Januari dan Februari, karena dingin dan gelap sekali. Hindarilah kedua bulan ini. Bulan Maret dan April adalah waktu yang terbaik bila masih ingin menikmati NORTHERN LIGHT atau Aurora Borealis dimalam hari dan di siang hari kita bisa berlayar, naik gunung dan menikmati iceberg atau gunung es.

a-winter-night-view-from-qinngorput-towards-nuuk-in-greenland

Penampakan musim dingin di Nuuk. Photo credit: Mads Phil, VG

Kapan waktu yang tepat melihat Northern Light?

Bila ingin melihat northern light, waktu yang tepat adalah direntang akhir September ke pertengahan April. Northern light bisa dinikmati diseluruh daerah di Greenland. Bahkan dari teras rumah kita bisa melihat panorama luar biasa ini. Kita nggak perlu hunting ke spot-spot khusus. Cahaya northern light di Greenland terbilang sangat tajam dan clearly visible. Aku pernah melihat sinar yang terbesar dan ter-AWESOME, ketika aku sedang dalam perjalanan pulang dari jaga sore di rumah sakit. Bukan hanya aku saja yang tertegun saat itu, setiap orang yang kebetulan melintas juga berhenti dan menikmati pemandangan luar biasa ini. Sinar northern light ini bergerak dengan cepat. They were really dancing!. Ada warna hijau, merah, orange, biru, violet dan pink. Perpaduan warna yang sangat spektakuler.

Northern Light nya super gede. Photo creadit: Mads Phil, VG

Udah pernah dengar mitos tentang northern light nggak? Beberapa orang percaya kalau northern light itu adalah orang mati yang sedang bermain sepak bola dengan tengkorak anjing laut. Seram banget ya mitosnya. Tapi emang sedikit seram sih waktu itu. Penampakannya seperti bayangan seseorang yang siap menyerang, karena tepat berada diatas kepalaku. Mitos lain yang sedikit lucu, katanya sih orang Jepang yang percaya akan hal ini, bahwa bila bayi dikandung pada malam hari ketika northern light terlihat di langit, maka anak itu akan menjadi anak jenius. Hmm…

Tempat yang wajib dikunjungi di Greenland:

1.Illulisat – BIRTHPLACE OF ICEBERGS 

Aku sudah pernah kesini ketika musim panas. Tapi tidak puas sih, karena dalam rangka kerja jadi nggak bisa eksplore banyak. Walaupun begitu, aku sudah melihat bahwa kota ini is A MUST PLACE TO VISIT. Aku sangat terkagum kagum melihat pemandangan luar biasa  yang dihidangkan disana. Ilulissat adalah ibukota dari gunung es di seluruh dunia karena tidak ada tempat lain selain disini. Selain gunung es, jangan lewatkan dogs sled bila datangnya dimusim dingin. Waktu yang terbaik mengunjungi kota luar biasa ini adalah dimusim panas. Kalau mau terbang dari Iceland ke Illulisat hindarilah dimusim dingin, dikarenakan harga tiket yang sangat mahal dan jarang.

a-small-passenger-boat-in-front-of-the-huge-glacier-wall-at-the-eqi-glacier-in-greenland

Glacier raksasa. Photo credit: Mads Phil, VG

2.Nuuk – COLOURFUL CITY

Nuuk merupakan ibukota negara Greenland. Kita tinggal di Nuuk selama 3 tahun lebih. Suami lebih lama, sejak tahun 2008. Ibukota negara Greenland ini hanya memiliki sekitar 17.000 penduduk. Termasuk sepi sih kalau dibandingkan dengan kota Medan 😄 Orang Denmark yang tinggal di Greenland diperkirakan ada 11% menurut statistik. Di Nuuk, banyak tempat menarik yang bisa dilihat, seperti mendaki gunung Malene, dan melihat budaya tradisional Inuit. Simbol ‘colourful Nuuk’ atau Nuuk yang berwarna diberikan dalam rangka mempromosikan pariwisata Nuuk. 2 tahun terakhir, Nuuk kebanjiran turis dari berbagai manca negara.

Rumah warna warni. Photo credit: Mads Phil, VG

Rumah warna warni. Photo credit: Mads Phil, VG

3.Tasiilaq – THE GATE TO EAST GREENLAND

Tasiilaq menawarkan sesuatu yang berbeda. Kota yang berada disebelah timur Greenland ini berada di sebuah lembah dan dikelilingi oleh pegunungan runcing yang menjulang ke langit. Mereka memiliki budaya dan aksen bahasa yang berbeda dari daerah Greenland lainnya. Di rumah sakit, kita butuh penerjemah khusus yang mengerti dialek mereka, karena orang Greenland yang tinggal di Nuuk pun tidak mengerti bahasa mereka, apalagi eikee 😆 hi hi hi

visiting-a-home-in-tasiilaq-in-east-greenland

Ibu yang memakai baju putih itu adalah penduduk asli Tasilaq, dia membuka pintu buat turis di rumahnya. PC: Mads Phil, VG

Kalau tertarik untuk mengunjungi Tasiilaq, harus terbang dari Nuuk dulu kemudian lanjut ke Kulusuk dengan waktu tempuh 1 jam 40 menit, dari Kulusuk menuju Tasiilaq dengan helikopter selama 30 menit. Biaya perjalanan ke Tasiilaq ini sangat fantastis. One way tiket hanya 12 juta *pingsan. Tapi walaupun begitu Tasiilaq mengalami peningkatan turis secara significant dari tahun ke tahun. Sepertinya berkunjung ke tempat-tempat yang tidak biasa menjadi trend saat ini. Ayo, ada yang tertarik kesini? Pengalaman adalah sesuatu yang tidak bisa diukur dengan uang *sok banget 😜

A must do kalau ke Greenland. Photo credit: Mads Phil, VG

4.Sisimiut-THE HUB OF THE ARCTIC CIRCLE

Sisimiut artinya orang yang tinggal di sarang rubah. Setelah Nuuk, Sisimiut adalah kota terbesar nomor 2 di Greenland. Sisimiut ini terkenal sebagai tempat untuk perlombaan ski, dan termasuk salah satu ski lintas-negara yang paling sulit di dunia!. Panjang lintas skinya 160 km. Setiap tahun di bulan April selama 3 hari diadakan pertandingan ski yang pesertanya dari seluruh dunia.

Artic circle race di Sisimiut

Monggo ikutan mas bro 😉 Photo credit: Mads Phil, VG

Selain itu di Sisimiut ini banyak sekali pengrajin. Hasil kerajinan mereka seperti patung, anting-anting bahkan mereka membuat pakaian tradisional, sarung tangan, topi dan jaket untuk musim dingin dari kulit anjing laut.

two-guests-on-a-dog-sled-trip-near-sisimiut-on-a-coffee-break-in-greenland

Winter outift yang dibuat dari kulit anjing laut. Photo credit: Mads Phil, VG

Greenland memiliki keunikan alam tersendiri. Rasanya luar biasa pernah tinggal, bekerja dan menjadi bagian komunitas di negara super awesome ini. Walau diawalnya terasa sangat berat, tapi ternyata Greenland memberikanku pengalaman hebat. Jadi bagi yang ingin explore Greenland, do it or you will regret it later 😉

“The world is a book and those who do not travel read only one page.” – St. Augustine

147 comments on this post

  1. omnduut
    November 19, 2016

    Minus 40… ngebayanginnya aja udah sesak napas hahaha. Foto-fotonya bikin merinding mbak, apalagi yang aurora itu. Aaaa banguuus banget. Tapi ngebayangin tiketnya yg semahal itu jadi spineng hwhwhw. Dan… baru tahu ternyata untuk ke Greenland kudu visa “khusus” ya. Info yg kece sekali.

    Reply
    • dewi
      November 19, 2016

      Ha ha ha…spineng ya Har, samalah..makanya ini harus kerja kesana biar bisa gratisan. 😀

      Reply
      • cumilebay.com
        November 23, 2016

        Kalo gw -40 mungkin dah pingsan berhari2, secara yaa di semeru aja yg cuman 10 derajat itu bikin gw teriak2 pala pusing

        Reply
        • dewi
          November 23, 2016

          Nggak lah mas cumi..dikau tahanlah..tenang aja ntar kita bawa bekel yang anget2 stok samyang, terasi, bakso dll..komplit!

  2. Arni
    November 19, 2016

    Mbaaaaaaak
    Aku selalu galau ih klo main kesini
    Foto2nya bikin ngiri berat. Duh kapan ya bisa ke sana hiks

    Reply
    • dewi
      November 19, 2016

      Ha ha ha…:D kena sasaran kalau gitu. Tapi emang loh Greenland itu warbiasa kecenya beb…;)

      Reply
  3. Yudi
    November 19, 2016

    Mbaak.. Itu harga tiketnya emang mahal dari sononya atau karena kita konversikn ke rupiah? Maksud saya, tanpa harus konversi, bagi masyrakat di sana mahal kah?

    Reply
    • dewi
      November 19, 2016

      Emang mahal dari web nya mas Yud. Bagi kita juga mahal sekali walau harga tiket seper dari gaji sebulan..tetep aja nggak terima 😀

      Reply
      • Yudi
        November 20, 2016

        hahaha tapi kan tadi katanya harga tiket sebanding dengan view yang didapat 😀

        tetep aja mahal yaks? :))

        Reply
        • dewi
          November 20, 2016

          Viewnya sih nggak diragukan. Kalau kita mau liburan ke luar Greenland, nyesek juga pas beli tiketnya mas Yud 😀

  4. lennyromauli
    November 19, 2016

    Istilah “ibukota gunung es” Kakak sungguh menggelitik..
    Bdw, ada kejadian mengerikan ga Ka di sana? Misalnya bencana gt (yg pernah Kakak alami) pengen baca..
    Oh yaa..nama-nama kota di sana seperti bahasa Sunda ya Ka.. (suku) kata yg sama berulang..
    Nice post Ka..
    Melihat aurora (northern/southern) adalah satu dalam list mimpiku..entah bisa atau tidak..

    Reply
    • dewi
      November 19, 2016

      Emang iya loh Len, Illulisat itu surga nya gunung es..aku sampe merinding pas lihat pertama kali…bahasa Greenlandic susah banget, tapi kalau udah bisa, jadi malah asik.
      Just pray,one day you will see the aurora beb 😉

      Reply
  5. Wendy Febrianty
    November 19, 2016

    tadinya thn depan pengen ke skandinavia, berganti iceland, dan sekarang kak dewi ngasih ‘racun’ ke greenland… aaaaahhhhh galaaaauuu… tanggung wajab eehh tanggung jawab… :))

    Reply
    • dewi
      November 19, 2016

      Ha ha ha….racun asmara ya Wen. Iyalah..biar banyak yang pernah kesana. Dijamin pasti jatuh cinta ^^

      Reply
      • Dindi Tanjung
        November 20, 2016

        Duh jd tambah nih pengennya kesana, jd aurora itu bisa ada di mana2 ya mba ga ada tempat special gitu ya.. Iya nih kudu doa dan nabung extra biar bisa sampai Greenland, salqm

        Reply
        • dewi
          November 20, 2016

          Ada banyak tempat kak Din..jadi bisa kita sesuaikan lebih sregnya kemana 🙂

  6. Cumilebay MazToro
    November 20, 2016

    Schengen tp khusus yaaa, kenapa begitu ??? Duch ini nabung nya bisa bikin gw kurus kalo mau kesana hehehe. Mudah2an ada rejeki halal yg megantarkan kesana amiennnn

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      Ha ha ha,,halaah mas cumi pundi2 nya udah segunung tuh dari ngeblog 😛 trus juga udah cetar, pastilah ada yg sponsori 😉

      Reply
      • cumilebay.com
        November 23, 2016

        Alhamdulillah … bismillah semoga ada rejeki dan jalan buat ke nuuk ini hehehe

        Reply
        • dewi
          November 23, 2016

          Amiiin..hope one day ya 😉

  7. Rach Alida Bahaweres
    November 20, 2016

    Belum kebayang bakalan ke greenland, mbaaa ..
    Semoga bisa datang ah 😉

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      He he he..jangan mbak, jangan sampe nggak ya 😛

      Reply
  8. GalOnTrip
    November 20, 2016

    Thanks for sharing this. Dulu sy tinggal bbrp tahun di eropa dan sempet ke Denmark. Bahkan Copenhagen pernah jadi “meeting point” saya dg tmn lama. Terakhir sempet ke Iceland pula sekalian ke Blue Lagoon. Tp blm nih ke Greenland. I think it’s a great idea to make it the next destination. It has to happen one day. Ga terlalu susah kan transportasinya, tms kalo lagi niat solo travelling? Atau kebalikannya?

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      Transportnya nggak susah selama tidak ada badai parah mbak 🙂 Bila ada badai semua transportasi terhenti. Kita solo traveling nggak ada masalah karena amanlah.

      Reply
      • GalOnTrip
        November 20, 2016

        ok. thanks utk infonya ya 🙂

        Reply
        • dewi
          November 20, 2016

          You are welcome 🙂

  9. Alek Kurniawan
    November 20, 2016

    Sumpah ini pertama kalinya saya denger perjalanan di Greenland. Saya kira dulu di sini penduduknya jarang pake banget, ternyata engga ya hahaha. Masuk bucket list sih ini mah. Ditunggu pengalaman lainnya mbak ;D

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      Makasih mas Alek….Semoga kesampean ya bisa injek negara luar biasa ini 🙂

      Reply
  10. Dongan kuliah
    November 20, 2016

    Rumahnya itu loho bikin cantik tuh kota
    Dan dang adong na marbarendeng ate…
    Santik nang….

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      Mauliate inang hasian 🙂

      Reply
  11. Angel
    November 20, 2016

    sebelumnya ga pernah tau soal Greenland.. tp liat fotonya.. lgsg jatuh cinta euy.. nabung dulu.. biar oneday bisa ke sana.. makasih ya sis uda mau share ke kita2.. ohya sis klo ke nuuk & illulisat.. mungkin sekalian ma iceland ya biar ga rugi tiketnya.. haha.. rekomennya brp hari yg terbaik utk explore ya.. lebih suka di bulan maret-april.. budget yg perlu disiapkan brp.. selain tiket, penginapan, konsumsi, aktivitas yg bisa dilakukan buat turis?or ditunggu postingan cerita berikutnya ya sis.. ehm.. sis ga kepikiran open trip kah.. jd local guide di greenland pasti lebih seru.. secara uda pernah tinggal di Greenland.. hihi..

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      Enaknya 2 minggu sih mbak Angel, 5 hari di Iceland, sisanya eksplore Nuuk sama Illulisat. Sebelum November juga enak loh bulan Oktober, northern light hampir tiap hari muncul.
      Open trip? hmm ..kita buka nggak ya say 🙂 ide bagus tuh 🙂

      Reply
  12. kristonny Panjaitan
    November 20, 2016

    Suka… 🙂

    Reply
  13. @eviindrawanto
    November 20, 2016

    Waaa Mbak Dewi, ini ini posting racun dengan tingkat yang sangat mematikan. Jadi mimpi pengen ke Greenland. Kok bisa ya negeri seperti dalam dongeng Hans Christian Andersen bisa aku temukan secara nyata lewat posting blog hahaha…

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      Hi hi hi…ayu atuh kak Vi ke negara kutub, masuk freezer.. 😀 Once in a lifetime experience gitu loh 😉

      Reply
  14. Denny oktobery
    November 20, 2016

    Luar biasa mbak ceritanya… Bikin semangat nabung dan berpikiran kesana… Boleh minta email atau kontak mbak? Terima kasih

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      Ada di contact mas Den 🙂 atau di Ig saya 🙂 monggo

      Reply
  15. FrenkeyBlog.com
    November 20, 2016

    “Harga” nya pasti sebanding dengan experience yang di dapat ya. Thanks buat sharing nya, my bucket list for next trip ( *tapi entah kapan* haha.. ). Tapi kalau ngerasain suhu minus 10 aj udah ga kuat rasa nya, apalagi minus 40, najubile haha.. maklum orang tropis biasa nya main di suhu 25 – 33 mulu

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      Sama kok Frenk..aku juga diawal awal nggak kuat. Butuh setengah tahun lah baru terbiasa. Kulit dan rambut juga kena masalah. kering banget.
      Btw aku kok nggak bisa komen ya di blogmu?

      Reply
  16. Emak Pelancong
    November 20, 2016

    Aku harus ke Greenland! Aku harus ke Greenland! aku harus ke Greenland! Sekarang rapal mantra2 dulu, mensugesti diri sendiri, sambil berusaha nabung dan berdoa 🙂 asli gak nyangka kalau dari denmark ajah tiket pesawatnya nya semihil itu, Mbak. Dari Jerman ada cruise, ke Greenland sekitar 60 jt rupiah. Mihil banget, pikirku, tapi begitu tahu harga tiket pesawat ke sana, yaaa wajar ajah yah harganya segitu..

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      Mantap mantrapnya mak 😀 ha ha ha..amiin semoga terkabul ya mak 😀 Menyebalkan sih sebenarnya harga tiket pesawat segitu..padahal kalau murah kayak ke Iceland kan bagus, pariwisata akan meningkat drastis pastinya ke Greenland.

      Reply
  17. Emaknya Benjamin br. Silaen
    November 20, 2016

    Baca tulisanmu jadi kepengen deh ke Greenland, pengen lihat glacier raksasanya tuh keren banget apalagi lihat langsung ya bakalan terkagum-kagum 😀 .

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      Nggak terbilang lah kak Nel, waktu pertama kali liatnya. Merinding –ruarrr biasaa 😀

      Reply
  18. denaldd
    November 20, 2016

    Sebelum baca tulisanmu ini, sejak kecil cita2ku memang pengen pergi ke Afrika dan Greenland. Kalau Afrika karena lihat film The God Must Be Crazy. Kalau Greenland karena suka muncul di buku RPUL haha. Makanya aku suka berangan2 kira2 kalau di Greenland itu kayak apa. Baca tulisanmu ini makin pengen pakai banget Dewi. Tapi ke Iceland dulu kayaknya, ga usah urus visa hehe. Thanks Dewi, tulisanmu plus foto2 yang kece jadi racun yang baik buatku 🙂

    Reply
    • dewi
      November 20, 2016

      Ha ha ha..Den, kamu nonton juga ya film cetar The God must be crazy ya 😀 ha ha ha…aku suka banget itu film..
      Semoga terkabul ya Den bisa ke Iceland trus satu harinya ke Greenland 🙂

      Reply
      • dewi
        November 20, 2016

        Den, aku udah kunjungan balik ke blogmu..terjadi lagi kayak kemaren, nggak bisa. Pas yang aku komen rawon bisa, nah ini mau reply lagi dibawahnya nggak bisa lagi..

        Reply
  19. Jalan2Liburan
    November 20, 2016

    Ketuker ya namanya, mestinya ini Iceland karena icy banget dan yang di Iceland mendingan jadi Greenland krn lebih hijau 🙂

    Reply
    • dewi
      November 21, 2016

      Iya mbak 🙂 tapi bagus sih opposite jadi sugesti ^^

      Reply
  20. Malela
    November 20, 2016

    Eduuuun, gak cuman foto2nya yang ciamiiik, mbak!! Tulisannya jugak dahsyat…ngiming-imingi bener, visit ke greenland.
    Saya harap kami bisa bertandang ke sana bersama keluarga, ketemu mbak Dewi dan kita ngopi2.
    Salam hangat, mbak Dew…salam buat keluarga.

    #Malela

    Reply
    • dewi
      November 21, 2016

      Makasih mbak 🙂 bikin ge er aja 🙂

      Reply
  21. nyonyasepatu
    November 21, 2016

    bagus bangetttttt….ahhh pengen sih, cuman nabungnya nih gak kelar2 haha.

    Reply
    • dewi
      November 21, 2016

      Ha ha ha..mahal banget ya Non 😀 harus menang jack pot dl baru 😀

      Reply
  22. roma
    November 21, 2016

    Kakaak…aduh ka wi..kirain hanya sekedar gambar animasi ja kl kulht d film atw d majalah2,pdhl beneran y kak..sptnya semua fenomena alam y ajaib banyak d Greenland ya kak

    Reply
    • dewi
      November 21, 2016

      He he he he…cetar ya …tapi dingginnn

      Reply
  23. Aminullah
    November 21, 2016

    Awesome bangeeeeeet..
    Gilaa keren kak..

    Reply
  24. Tia
    November 21, 2016

    Membayangkan berada di Siberia yg isinya gunung dan hutan bersalju aja serem mba, apalagi ke Greenland, duuh aq takut gak bisa pulang.
    Berasa jauuuuuuh bgt dr kampung halaman, tambah dingin ekstrem pula. Aah cukuplah aq memandangi foto2 yg indah dan membaca cerita2 dr org2 yg pernah kesana aja deh hehe…

    Reply
    • dewi
      November 21, 2016

      Tapi emang sih waktu tinggal disana, rasanya sedih banget apalagi kalau musim winter, moodnya down mulu…

      Reply
  25. dinamars
    November 21, 2016

    Mupeeng…! Kapan yaa bisa ke situu…

    Reply
    • dewi
      November 21, 2016

      Tunggu aku balik sana ya 😀

      Reply
  26. Ditaa
    November 21, 2016

    Sumpah aku rasanya langsung pingin booking ticket ke Greenland pas liat foto2 dan post ini. Tapi aku anaknya cranky kalo dingin kakaaa…. Gimana dong? Musim panas biasanya suhunya berapa mbak? Kalo musim dingin sih, ngg… aku nanya aja ga berani 😀

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Musim panas max 22 derajat Dit…itupun udah pada gerah orang Greenlandnya..nggak tahan mereka. banyak yg dehidrasi dan masuk rumah sakit. Kalau dingin yg pernah aku rasakan minus 40.

      Reply
  27. Deni Hartono
    November 21, 2016

    Anjingnya keren banget ya, mirip anjing kintamani, hanya posturnya lebih gede 🙂

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Iya..cakep banget husky ya…dibeberapa tempat di Greenland memang dilatih untuk jadi dogsled 🙂

      Reply
  28. Belinda
    November 21, 2016

    Amazing! I am just wowing when I read this.

    Reply
  29. Dini Puspita
    November 21, 2016

    Minus 40 derajat itu gimanaaa?? Hahaha x)

    Aduh, Mbak, baca artikel ini jadi makin pengen ke Greenland ya tapi harus nyiapin diri dulu deh ini buat ngadepin cuaca dingin, hihihi ^^

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Semua beku Din 😀 sampe bulu mata juga ikutan beku..:D

      Reply
  30. Riski Fitriasari
    November 22, 2016

    Imajinasiku melayang-layang membayangkan kota itu, Mba. Cuma, di Jakarta yang pakai AC suhu 16 derajat celcius aja gigi eike gemlutukan, apalagi di sana ya… hehehe. Tapi sumpah indah banget foto-fotonya…

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Hi hi hi…dingin banget memang mbak. Butuh perjuangan sih aku diawal. lamaa..hampir setengah tahun baru alergiku hilang..macem2 masalahnya ..

      Reply
  31. Efi Fitriyyah
    November 22, 2016

    Banyak banget deh yang pengen aku komenin hihihi.Tapi nanti malah jadi kayak atu postingan. Gila bener minus 40 derajat? Saya bisa pingsan, euy. Terus itu kalau dikasih durais siang yang panjang kebayang banget ya perjuangannya yang lagi puasa. Tapi liat pemandangannya indah-indah nih. Selain perlu dana yang banyaak juga perlu ahti yang tabah kayaknya ya, berkompromi dengan cuasa atau iklim yang jelas beda sama di Indonesia.

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Iya mbak, kalau yang puasa gimana ya..apa ada pengecualian ya kalau tinggal di kutub begini?

      Reply
  32. prananingrum
    November 22, 2016

    cakep sangat mbak…duh kapan ya ke greenland….ngumpulin uang dulu nih

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      hi hi hi…ayu mbak kalau kuat ama dingin ya

      Reply
  33. Winda Carmelita
    November 22, 2016

    I always imagine, suatu hari aku ke Greenland, melihat Nothern Light sambil mendengarkan lagu-lagu post rock ala Sigur Ros.

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      ha ha ha ha…suka Sigur Ros ya Win 😀 enakan pas liat northern light lagunya Happynya si Pharrell Williams

      Reply
  34. wida
    November 22, 2016

    pemandangannya warbiasa ya mbak….

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Iya mbak Wid 🙂 cakep banget…

      Reply
  35. rita dewi
    November 22, 2016

    Wah jadi pengen jalan2 ke sana deh. Nabung dulu nih. Hehe…. btw gak kebayang kalo ke sana pas musim panas di bulan ramadhan. Xixi…… bisa pingsan akyu

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Ha ha ha..iya ya mbak..lama banget bukanya..tapi bukannya ada kompensasi ya ?

      Reply
  36. Rosanna Simanjuntak
    November 22, 2016

    Baru tahu Greenland karena Sang Dewi. Meski masih berasa mimpi bisa ke sini. But, who knows, one day I got lucky. Just like I have got from Changi, free return ticket to dream destination.

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Hi hi hi..gara gara aku ya kak 😉 wah si kakak rejekinya selalu aja mantap…aku belum pernah dapat free return tiket loh kak 😉

      Reply
  37. Wian
    November 22, 2016

    Issshhhhh bikin iri banget. Liat foto2nya sambil ngebayangin aku ada disana. Etapiiiii gak kuat sama dinginnya. Ke puncak aja kadang suka pada ngilu nih tulangnya. Apalagi ke greenland ya. Hahahaha ndeso..

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Samalah mbak, aku juga nggak kuat loh..tulang2ku sakiiit

      Reply
  38. Lutfi Retno
    November 22, 2016

    Foto-fotonya kece kakak. Jadi semangat bikin film ne. Biar bisa ikut lomba dan dapet tiket gratisan ke Eropa. Salam kenal 🙂

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Lagi buat film ya Luft? ikutan duuuunk 😉 eh aku nggak bisa buka blogmu?

      Reply
  39. Ery Udya
    November 22, 2016

    Hualala.. Okay banget itu.. Jadi pengen..

    Ehh itu, gimana rasanya pukul 23.00 baru sunset. Kalau di Indonesia jam segitu mah udah lagi ke alam mimpi 😀

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Ha ha ha…iya ya..dimusim ini emang susah tidur mbak..habisnya sinar mataharinya itu loh awet banget 😀

      Reply
  40. De pita
    November 22, 2016

    Kirain “di bawa ke kutub” cuna sekedar istilah ajah. Ternyata beneran ke kutub ya hehehe. Jadi inget film kartun Balto ya klo gak salah, tentang kisah anjing penarik kereta hehehe

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Oh iya itu beneran memang kisah dari Greenland mbak 🙂 kereta anjing

      Reply
  41. Vina Eska
    November 22, 2016

    Minus 40… Kemarin minus 7 aja udah gamau ninggalin hotel. :’)

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Ha ha ha…males ya mbak kalau dingin…Mbak blogmu nggak bisa ke buka ya …

      Reply
  42. Rosa
    November 22, 2016

    Sekedar baca aja amazing rasanya mbak.. Kayak apa rasanya tinggal di kutub…

    Reply
    • dewi
      November 22, 2016

      Yang pasti kayak mimpi sih mbak, yang biasa dengan suhu panas dan yang hijau hijau ..terasa beda banget dengan penampakan yang putih semua

      Reply
  43. Oci YM
    November 22, 2016

    MasyaAllah… Indah banget northern light, saya penasaran banget menyaksikannya langsung. Tapi selain ke sana yang biayanya wow, suhunya juga wow yah Mbak huhuhu… nggak kebayang dinginnya kaya’ appaaah 😀

    Reply
    • dewi
      November 23, 2016

      Dinginnya kayak didalam freezer mbak…coba aja masukin, dinginnya seperti itulah 😀

      Reply
  44. Hana Aina
    November 22, 2016

    Northern light-nya canyik banget. Mupeng ke sana ^^

    Reply
    • dewi
      November 23, 2016

      ayu mbak..kita kemon 😉

      Reply
  45. Irly
    November 23, 2016

    Mbak Deww..
    Baca tulisanmu saya merinding!!
    Pertama karena saya kebayang dinginnya, saya gak tahan dingin soalnya.. Hahaha
    Kedua seneng banget lihat foto-foto dan cerita dari Mbak Dewi, INDAH! ^^

    Reply
    • dewi
      November 23, 2016

      Makasih mbak Irly darling..Im so happy to read your comment dan pujianmu..kiss from here xoxo

      Reply
  46. dwi sari
    November 23, 2016

    Antara Greenland dan Iceland agak agak bingung, eh trnyta lokasi mereka emang bersebelahan. Baca cerita di sini penasaran pgn liat video travelnya, krn yg Iceland kmrn sempet liat di youtubenya Lizzie Parra, dan itu sumpah keren banget!

    Kalo di video Before The Flood’nya abang Leonardo Dicaprio, doi cmn mampir ke glacier aja sih. Yaiyalah bahasannya climate change hihihi, dan glacier di sana penurununannya drastis banget huhuhu.

    Mudahan someday bisa traveling ke telpat dgn cuaca seekstrim ini, aamiin.
    Tfs Mba, AWESOME banget ^^

    Btw maap komennya ngalor ngidul hihihi ^^v

    Reply
    • dewi
      November 23, 2016

      Makasih mbak Dwi buat komennya. Aku suka kalau ada yg komen kayak gini. Aku sebenarnya ada banyak video in waktu disana, cuma nggak begitu bagus. Mungkin kita akan balik lagi ke Greenland buat stay dalam waktu singkat. Dan bila itu terjadi aku akan buat banyak video. 🙂 Makasih yaa udah hadir disini 🙂
      love u

      Reply
      • dwi sari
        November 26, 2016

        Wuahhh…ditunggu videonya mba, thx u. Dan lancar ya untuk planning selanjutnya aamiin.

        ~ xoxo

        Reply
        • dewi
          November 28, 2016

          Amiiin 🙂 makasih buat doanya mbak sayang 🙂

  47. trip jalan jalan
    November 23, 2016

    heuh iki apikmen ia tempat, tapi di greenland ada air terjun yang terkenal seperti di iceland (skoga) krn ini spot sangat saya harapakan bisa motret 😀

    Reply
    • dewi
      November 23, 2016

      Ada air terjun di Greenland..cakep banget…

      Reply
  48. Gio of Disgiovery
    November 23, 2016

    Dewi, foto2nya awesome banget! *kasih jempol yang banyak*

    Greenland ini salah satu destinasi impian, iya rasanya mimpi untuk bisa kesana, meski aku juga percaya sama kekuatan semesta 😉 #halah Btw, Greenland ini lebih dekat ke Canada ya, kira2 tiket dari Canada bisa lebih murah gak ya…

    Reply
    • dewi
      November 23, 2016

      Sama aja Gio, kamu harus terbang either ke Denmark dulu atau via Iceland. Yuk Gio, semoga kesampean bisa injak Greenland ya 🙂

      Reply
  49. zaenudin
    November 24, 2016

    hadeuuh.. cuma bisa berdo’a semoga kesampean bisa ke GREENLAND..
    salam kenal mba

    Reply
    • dewi
      November 24, 2016

      Salam kenal mas 🙂

      Reply
  50. Chic
    November 24, 2016

    Greenland ini masih in my bucket list, pengen banget liat northern light ituuuuu… hahahahahaha
    Semoga segera terwujud lah.

    Terima kasih udah mampir ke blog aku ya, Mbak! Salam kenal juga 😀

    Reply
    • dewi
      November 24, 2016

      Salam kenal mbak …semoga kesampean liat NL ya 😉

      Reply
  51. Rifqy Faiza Rahman
    November 26, 2016

    Nabung, nabung, nabung… Elus-elus Greenland lewat buku atlas…. :3

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Ha ha ha…buku atlas ya mas 😀 wkwkw….Harus injek Nuuk ya 😉

      Reply
  52. evylia hardy
    November 26, 2016

    Uahh, ga kebayang dinginnya! Di Korea ajah udah kayak di freezer apalagi di Greenland yah ….
    Butuh nabung nih, duh, lagi banyak pinginnya 😀

    Reply
    • dewi
      November 26, 2016

      Di Korea udah kayak di freezer ya..Greenland no words berarti mbak Vy 😀 ha ha ha

      Reply
  53. ZHARND
    November 26, 2016

    Aurora aurora aurora aurora…..hmmm……kakak ini sebenarnya menanggung banyak dosa dari sekian banyak pengunjung blog ini yang iri dengki xD /dikeplak/ hehe. Will be there soon kak. Kalau dikubur di sana enak kali ya, mayatnya awet *aku mikir apa xD*.

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      Sengaja mbak, biar kamu mupeng 😀 ha ha ha….
      Ih kok mikirnya dikubur sih…huaaaaaa

      Reply
  54. sarah
    November 27, 2016

    Wah, Kalo begini aku jadi tambah lebih mupeng lagi nih ke Greenland. Rumah rumahnya keliatan cakep kayak di buku dongeng. Sudah lama pengen liat icebergs #ngimpi. Semoga bisa jalan jalan ke Greenland. #Aku bisa ke greenland 3x #ikut merapal mantra mbak Ira, biar bisa ke Greenland. xD

    Reply
    • dewi
      November 28, 2016

      Ha ha ha..semoga mantranya jitu yak 😉 aku percaya loh ada kekuatan dalam kata kata..makanya kt harus hati hati..jangan sampai salah berdoa..:D ha ha ha

      Reply
  55. Titha
    November 27, 2016

    Wihhh, keren bangettt. Pengen liat Northern lights nya. Kak Dewi masih di Greenland kah? Boleh minta kontak ny? Buat tanya2, biar lbh enk ngobrol nya. Pengen kesana…

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      Aku sekarang di Denmark mbak Titha. Ke Greenland kayaknya thn depan. Ada wa..saya kasih kemana ? 😀

      Reply
  56. zata ligouw
    November 27, 2016

    aaaa kapan ya bisa ke sanaaaa… keren banget kalo liat foto2nyaaa…

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      Yuk mbak Zata..dijadikan saja 😉

      Reply
  57. fanny fristhika nila
    November 27, 2016

    ini aku masukin ke daftar pertama list yg harus bisa aku dtgin ^o^! alasannya udh jelas sih mbak, krn tempatnya dingin ;p.. kan aku ga kuat ama tempat2 panas.. jd semakin dingin, biasanya lsemakin aku cari.. nabung kenceng dululah supaya di target waktu yg udh aku tentuin bisa kesana bareng suami 😀

    Reply
    • dewi
      November 27, 2016

      Oh mbak Fanny suka dingin ya..tapi ini dinginnya ngeri mbak 😀 sampe nyakitin tulang gitu…

      Reply
  58. bukanrastaman
    November 28, 2016

    Mbak bawa aku kesana.. pleseeeee

    Reply
    • dewi
      November 28, 2016

      😀 ayuuuk..rame rame anak BD

      Reply
  59. Kharis A. Arief
    November 28, 2016

    Mba Dewi, saya terpukau dengan keindahan alam Greenland. Kehidupan yang serba 180 derajat dari kampung halaman. Sudah saya niatkan untuk menabung dan berlibur 1 bulan ke Nuuk. Semoga impian sederhana ini terwujud sebelum maut datang. Terima kasih banyak

    Reply
    • dewi
      November 28, 2016

      1 bulan? wah lama juga ya..bisa kok ke beberapa negara di dunia..coba aja kerja di pelayaran.

      Reply
  60. Timothy W Pawiro
    November 28, 2016

    Selain winter is coming, kok aku jd kepikiran film 30 Days of Night ya, yg malemnya 1 bulan hahaha.

    Anyway, great pictures! Mesti atur budget ya kalau ke sini 😀

    Reply
    • dewi
      November 28, 2016

      Nggak enak loh pas gelap2 nya di Nuuk dulu…rasanya stress..aku sempat kena tapi nggak parah…karena aku sebisanya sibuk di kantor…jadi nggak fokus sama cuaca..
      Thanks ya buat pujiannya Timothy 🙂

      Reply
  61. gustina
    November 29, 2016

    Aw beruntungnya dirimu mba,, hidup dengan fenomena alam yang fantastik, malem atau siang yang panjang banget dan bisa liat aurora juga…mupeng banget..
    Salam kenal ya mba Wi

    Reply
    • dewi
      November 29, 2016

      Salam kenal mbak Gustina….tadinya nggak nyangka bakalan bisa kangen sama negara ini 😀 waktu tinggal disana mutung mulu karena dingin 😀

      Reply
  62. Lidha Maul
    November 29, 2016

    OMG, i wanna cry.. liat northern light nya yang menakjubkan. Makasih sharenya mbak Dewi foto2nya always amazing
    Tapi, kalau liat dinginnya..ampun deh, ini baru diliat lho, belum dirasakan

    Reply
    • dewi
      November 29, 2016

      Makasih mbak Lidha..ayuk dicobain atuh hidup di freezer 😀 wkwkwkw *sadis

      Reply
  63. gelintang
    December 1, 2016

    Baca tulisanmu dan lihat foto2 mu yang cakep itu bawa sensasi tersendiri mbak. This post is tempting. Aku jadi tambah pengen ke greendland,, terutama nonton aurora borelis ituu,, aku pikir nonton aurora borealis mesti di padang luas, ternyata bisa di teras rumah,,, akkkkk *mupeng*

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      I wish you one day bisa travel ke Greenland mbak ..negara ini emang luar biasa…bikin kita berdecak kagum akan panorama alam yang dihidangkan.

      Reply
  64. Evhy kamaluddin
    December 1, 2016

    Keren banget mbaa… sumpah keren.. keren.. Auroranyaa… jadi mupengggggg…

    Reply
    • dewi
      December 1, 2016

      Si Aurora emang kece bangeet 🙂

      Reply
  65. Fiberti
    December 2, 2016

    semoga suatu saat bisa ke greenland…sebelum terlalu berumur, nanti ga nikmat karena rawan rematik hihihi…
    mba kameranya dalam kondisi seekstrim itu apa ga berembun? mengatasinya bagaimana *awam*

    Reply
    • dewi
      December 5, 2016

      Berembun kak..disarankan beli tas untuk melindungi timbulnya embun ..selama ini ya aku biarkan dia didalam tas setelah masuk ke rumah..aman sih sejauh ini…

      Reply
  66. monda
    December 6, 2016

    haduuuh… langsung gatel nih kaki…
    cuma sanggup lihat foto2 keren ini sambil gigit jari he..he..

    Reply
  67. Agustina Purwantini
    December 7, 2016

    blog ini selalu bikin aku tambah enggak berarti…tapi nambah pengalaman

    Reply
    • dewi
      December 7, 2016

      He he he 🙂 jangan gitu dunk 😉

      Reply

Leave a Reply

Follow me on instagram

Back to Top
Follow

Get the latest posts delivered to your mailbox: